Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Rekening Koran : Pengertian, Fungsi dan Cara Mencetaknya

Rekening Koran : Pengertian, Fungsi dan Cara Mencetaknya

Pada artikel ini saya akan membahas topik tentang Rekening Koran baik itu dari Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dan Bank lainnya. Sebab masih banyak orang yang belum begitu mengetahui pengertian dan fungsinya. Padahal jika kalian adalah nasabah dari suatu Bank maka harus tahu apa itu rekening koran dan bagaimana cara cetaknya agar suatu hari nanti ketika membutuhkan bisa dan paham.

Rekening Koran ibarat buku catatan dari seluruh riwayat transaksi kalian. Jadi memiliki fungsi yang banyak bahkan penting. Oleh karena itu maka sebagai nasabah Bank maka wajib untuk mengetahui seluk beluknya.

Selengkapnya bisa kalian baca di bawah ini.

Pengertian Rekening Koran

Apa sih rekening koran itu? Jadi rekening koran adalah rincian transaksi keuangan secara menyeluruh dalam suatu rekening dalam hal ini Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA atau lainnya, baik berupa milik individu maupun rekening milik suatu badan usaha.

Isi data yang terlampir dan tercetak di dalamnya adalah rinician alur keluar masuk kredit dan debit, baik itu transfer masuk dan keluar.

Dari beberapa sumber saya mendapati istilah rekening koran sebenarnya bukan mengacu pada media cetak yang seperti kertas koran. Tetapi bersumber dari bahasa belanda courant yang memiliki arti Arus.

Rincian transaksi yang banyak dan jelimet (bahasa jawa Rumit) dari suatu rekening tersebut memiliki banyak fungsi loh, selengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Fungsi dan Kegunaan Rekening Koran

Beberapa fungsi dan manfaat dari Rekening Koran adalah sebagai berikut :

1. Mengetahui Rincian Transaksi

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di awal, bahwa fungsi utamanya yaitu untuk mengetahui secara detail rincian atau riwayat transaksi dari suatu rekening bank, baik debit maupun kredit.

Rincian transaksi yang bisa dilihat yaitu dalam kurun waktu tertentu, umumnya 3 bulan terakhir. Jadi di dalam rekening koran bri yang dicetak tersebut kita akan melihat saldo awal, saldo akhir, uang masuk dan uang keluar secara jelas.

Sehingga misalnya kalian mengalami kekeliruan atau semacamnya berkaitan dengan transaksi perbankan maka dengan ini dapat terbantu.

2. Pengajuan Visa

Ketika kalian berencana akan liburan atau pergi ke negara lain biasanya ada beberapa yang mewajibkan setiap orang yang akan datang ke negara tersebut harus memiliki Visa. Nah pada momen seperti inilah rekening koran dari Bank diperlukan.

Fungsinya adalah untuk mengetahui dan validasi bahwa kalian memiliki cukup dana atau memiliki keuangan yang sehat. Jadi pada saat di negara tujuan nanti tidak akan menggembel.

3. Menjadi Barang Bukti Hukum

Rekening Koran juga bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila terjadi suatu perselisihan atau tidak pidana lain.

Misalnya anda mengirimkan sejumlah uang ke pihak tertentu untuk keperluan bisnis, tetapi dari pihak penerima merasa tidak menerima uang yang kalian kirim. Maka kalian bisa memakai rekening koran untuk membuktikan bahwa uang sudah benar-benar terkirim.

4. Mengajukan Pinjaman

Jika kalian berencana akan melakukan kredit atau pinjaman di Bank, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Kendaraan pasti pihak bank dan pihak-pihak yang berwenang akan meminta catatan riwayat keuangan. Biasanya berupa fotocopy lembar rekening koran yang dikeluarkan oleh Bank.

Selain itu biasanya juga dipakai untuk pengajuan dan permohonan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan finansial. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa keuangan kalian dalam keadaan sehat atau baik.

5. Ikut Lelang

Bagi seseorang yang akan ikut acara lelang, baik itu proyek pemerintah maupun swasta maka peserta wajib memberikan bukti kepemilikan dana dengan cara menunjukkan saldo yang ada pada rekening miliknya. Sertakan juga bukti berupa lampiran rekening koran dalam berkas persyaratan lelang tersebut.

6. Audit Keuangan

Pada suatu perusahaan adanya rekening koran sangatlah penting, fungsinya adalah untuk melakukan rekap transaksi keuangan baik itu arus masuk maupun keluar. Sehingga apabila ditemukan hal yang tidak wajar di rekening perusahaan maka dapat segera diproses lebih lanjut.

Persyaratan Cetak Rekening Koran di Bank

Persyaratan Cetak Rekening Koran di Bank

Pencetakan rekening koran sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa katakan cuma hitungan menit saja. Kalian cukup datang ke kantor cabang bank terdekat, lalu antri ke customer service dengan membawa beberapa syarat sebagai berikut :

1. Buku Tabungan Asli

Ini merupakan hal yang wajib dibawa ketika akan mengurus segala sesuatu berkaitan dengan rekening bank. Beritahu kepada Customer Service bahwa ingin mencetak rekening koran dari tabungan kalian dengan menyerahkan buku tabungan asli.

Bagaimana jika tanpa buku tabungan? Tentu saja kalian harus mengurusnya terlebih dahulu dengan bantuan customer service yang sama.

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kalian juga perlu membawa kartu identitas, selain untuk mencocokan data dari buku tabungan, KTP memang menjadi syarat wajib untuk setiap proses administrasi. Selian KTP juga diganti dengan kartu identitas lain seperti paspor dan surat ijin mengemudi (SIM).

3. Kartu Debit

Selain itu juga perlu membawa kartu debit atau kartu ATM sebagi bukti kalian adalah pemilik dari rekening koran yang akan di cetak. Apabila tidak membawanya maka petugas tidak akan memproses permintaan kalian.

4. Biaya Cetak

Proses cetak dari rekening koran memang sebentar, tetapi tidak gratis. Kalian perlu membayar biaya tertentu per lembarnya dan besarnya biaya tergantung dari kebijakan masing-masing Bank, misalnya sebagai berikut :

  • Bank BRI : Rp2500  per lembar dan Rp25.000 per lember (lebih dari 12 bulan)
  • Bank BNI : Rp2500 - Rp3000 per lembar
  • Bank Mandiri : Rp2500 per lembar (3 bulan terakhir) dan Rp5000 per lembar (6 bulan terkahir)
  • Bank BCA : Rp2500 per lembar

Perbedaan biaya di atas tergantung dari kebijakan tiap bank dan rentang waktu yang ingin dicetak.

Cara Mencetak Rekening Koran di Bank Terdekat

Cara Mencetak Rekening Koran di Bank Terdekat

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk proses mendapatkan rekening koran di cabang bank terdekat.

Langkah Pertama

Silahkan bawah semua syarat yang sudah saya sebutkan di atas.

Langkah Kedua

Datangi kantor cabang bank terdekat, lalu mintalah tolong kepada satpam. Biasanya akan langsung diarahkan ke customer service jika tidak sedang ramai, atau harus antri terlebih dahulu jika memang kantor sedang ramai dengan nasabah.

Langkah Ketiga

Setelah bertemu dengan Customer Service, silahkan sampaikan bahwa kalian ingin mencetak rekening koran sambil menyerahkan semua syarat yang sudah dibawa. Jika sudah selesai kalian akan mendapatkan rekening koran yang kalian minta lengkap dengan cap dan tanda tangan dari pihak bank atau kepala cabang.

Cetak Rekening Koran via Online

Cetak Rekening Koran via Online

Mencetak rekening koran secara offline di kantor bank memang lebih dianjurkan karena terdapat cap dan tanda tangan dari petugas, sehingga legal apabila akan dipakai untuk keperluan finansial.

Namun apabila hanya untuk kebutuhan pribadi dan ingin mengetahui rincian arus uang keluar masuk di rekening bank. Kalian bisa mendapatkan rekening koran koran secara online lewat internet banking.

Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank lainnya menawarkan sudah memberikan kemudahan akses agar nasabah bisa mendapatkan mutasi rekening via online. Langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini.

Cetak Rekening Koran BRI

  • Buka internet banking BRI (IB BRI), klik Rekening
  • Klik Mutasi Rekening
  • Lalu pilih Rekening
  • Pilih periode yang ingin dicetak
  • Setelah itu catatan/mutasi rekening akan muncul dan siap untuk dicetak.

Begini Cara Cetak Rekening Koran BRI (Offline dan Online)

Cetek Rekening Koran Online BNI

  • Silahkan masuk ke aplikasi internet banking BNI atau kunjungi websitenya
  • Setelah itu pilih menu Rekening
  • Lalu pilih informasi saldo dan mutasi
  • Pilih opsi mutasi saldo dan giro
  • Pilih periode histori mutasi
  • Catatan transaksi mutasi akan muncul dan sudah bisa dicetak

Mencetak Rekening Koran BCA

  • Silahkan login ke Klikbca.com
  • Lalu pilih menu E-Statement
  • Pilih rekening
  • Selanjutnya pilih periode laporan yang ingin ditampilkan
  • Klik unduh atau download
  • Kalian bisa mencetak file tersebut

Lihat Juga : 3 Cara Cetak Rekening Koran BCA dengan Mudah

Cara Cetek Rekening Koran Mandiri Online

  • Pertama login ke Mandiri Online
  • Lalu klik Rekening
  • Pilih Rekening Tabungan dan Giro
  • Masuk ke opsi Mutasi Rekening
  • Selanjutnya silahkan pilih periode yang ingin dicetak
  • Setelah itu rincian laporan akan muncul dan bisa dicetak
  • Cetak Rekening Koran Mandiri Online dan Offline

Lihat Juga :

Kesimpulan

Jadi seperti itulah pembahasan Rekening Koran mulai dari pengertian, fungsi atau kegunaan dan cara mencetaknya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan tambahan informasi untuk kalian semua.

Post a comment for "Rekening Koran : Pengertian, Fungsi dan Cara Mencetaknya"