Barcode Scanner : Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Barcode scanner
Denpono.com -  Penggunaan Barcode scanner saat sudah sangat umum digunakan. Kebanyakan para penggunya Barcode scanner ini untuk memindai data dari suatu barang kemudian dimasukkan ke database barang milik mereka. Untuk itu sebelum lebih jauh memahani tentang barcode scanner alangkah baiknya memahami Pengertian, cara kerja, dan Jenisnya.


PENGERTIAN
Kecerdasan Buatan merupakan salah satu cabang Ilmu pengetahuan bersangkutan dengan pemanfaatan mesin guna memecahkan permasalahan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini seringkali dilakukan dengan mengikuti atau mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan atau Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan ilmu yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan.

Pada artikel ini salah satu kecerdasan buatan itu adalah Barcode Scanner. Secara umum barcode adalah kode-kode untuk angka dan huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan alternatif untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Dalam barcode tidak berisi data deskriptif, tetapi hanya enkripsi dari sejumlah digit angka. Ketika angka tersebut yang berupa barcode di scan oleh kasir maka kode tersebut secara otomatis akan langsung terhubung ke data barang. Hasil scan barcode scanner tersebut berisikan data-data dari berbagai produk seperti nama vendor, nama produk, harga dan data pendukung lain.


BARCODE SCANNER ATAU BARCODE READER
Dalam prosesnya komputer tidak dapat secara langsung membaca data pada suatu Barcode. Oleh karena itu sebelumnya kode yang ada harus ditangkap dan diterjemahkan ke format data yang dapat dibaca oleh komputer. Alat yang dapat membaca dan mengirimkannya ke komputer itulah yang disebut Barcode Scanner atau Barcose Reader.


CARA KERJA BARCODE SCANNER
Cara kerja dari seperangkat Barcode Scanner terdiri dari scanner, decoder dan kabel yang menyambungkan decoder dengan komputer. Barcode Scanner tersebut memindai symbol (kode), menangkap dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke komputer dengan format data yang sederhana.


JENIS BARCODE SCANNER
Pada saat ini setidaknya terdapat 4 jenis Barcode Scanner yang ada di pasaran. Setiap jenis dari Barcode Scanner tersebut memiliki perbedaan dalam hal membaca maupun mengkodekan sebuah barcode.

Berikut ini merupakan perbedaan dari jenis-jenis Barcode Scanner :

1. Pen Type Reader atau Barcode Wands

Barcode tipe ini terdapat photo diode yang berada diujung pena. Untuk membaca suatu barcode, ujung pena ditempelkan pada kode lalu digeser ke semua Barcode secara stabil. Kemudian diode pada alat ini akan mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan dari sumber cahaya dari ujung Pen Type Reader dan menghasilkan gelombang yang sesuai dengan lebar dan spasi dalam barcode. Setelah itu Pen Type Reader mengirimkan gelombang informasi ke decoder yang kemudian menerjemahkannya untuk diteruskan ke komputer dalam format data sederhana.

2. Laser Barcode Scanner

pada Barcode Scannaer jenis ini memiliki cara kerja sama dengan tipe pena. Tetapi pada perangkat ini menggunakan sinar laser sebagai sumber cahayanya. Selain itu umumnya menggunakan kaca prisma atau cermin bolak-balik untuk memindai laser yang melintasi barcode.

3. CCD Barcode Scanner

Barcode jenis ini menggunakan aray sensor cahaya dengan ukuran kecil berbaris sejajar pada ujung Barcode Scanner. Gelombang untuk memindai kode sesuai dengan bar dan ruang dari barcode yang dihasilkan dan dikirim ke komputer. Perbedaan utama antara barcode scanner CCD dengan jenis barcode scanner pena dan scanner laser barcode adalah bahwa barcode scanner CCD mengukur bentuk cahaya yang dipancarkan dari kode bar sedangkan pena atau laser scanner barcode mengukur dari pantulan cahaya dari frekuensi tertentu yang berasal dari scanner itu sendiri.

4. Camera Based Barcode Readers

Barcode scanner jenis ini basisinya adalah kamera untuk menapkap kode bar. Kemudian dengan teknik pengolahan citra digital untuk memecahkan kode bar tersebut.

Baca Juga : Beberapa Cara Jitu Dalam Mengoptimalkan Kamera Android

APLIKASI DALAM DUNIA NYATA
Jika mengamati lingkungan sekitar kita maka akan banyak dijumpai penggunaan Barcode Scanner. Salah satunya adalah dalam dunia usaha yang memiliki jumlah barang yang banyak serta pelu di data satu persatu. Salah satunya bisa diambil contoh adalah Indomart atau Alfamart.

Barcode Scanner ini digunakan untuk memindai kode suatu barang yang kemudian data tersebut akan dikumpulkan dalam suatu database barang meraka. Sehingga semua data dari barang akan tercatat dengan lebih jelas dan akurat.

Selain itu penggunaan Barcode scanner ini biasanya juga terdapat dalam kasir-kasir. Cara kerjanya adalah dengan memindai kode barang maka akan tampil keterangan seperti nama dan harga barang. Data nama dan harga barang ini didapat dari database barang yang sebelumnya sudah dimasukkan.

0 Response to "Barcode Scanner : Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel