4 Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop
Cara Membuat Barcode - Pada era serba digital seperti saat ini semua informasi bisa disimpan dalam bentuk kode agar mudah dibaca oleh peralatan digital atau mesin. Kode ini biasa disebut dengan Barcode (Kode Batang) dimana suatu informasi baik itu angka maupun huruf diubah dalam bentuk kode batang / bergaris. Kode inilah yang memudahkan perangkat digital dan mesin mampu membacanya.

Apa itu barcode? Secara umum sudah saya jelaskan di awal paragraf tadi. Tetapi lebih jelasnya Barcode adalah sekumpulan data berbentuk garis dimana setiap garis memiliki ketebalan masing-masing (tebal dan tipis). Setiap ketebalan berbeda-beda sesuai dengan isi dari kodenya.

Barcode merupakan sebuah machine readable atau informasi yang hanya bisa dibaca oleh sebuah mesin dalam format visual yang tercetak.

Umumnya penggunaan barcode atau kode batang ini sering kita temui di setiap produk kemasan. Informasi yang tercantum biasanya adalah sebuah nomor seri. Namun dalam penggunaan lebih luas bisa digunakan untuk menyimpan sebuah nomor atau informasi lain seperti alamat web situs dan lain sebagainya.

Bahkan setiap orang mampu dan bisa membuatnya sendiri hanya dengan bermodal smartphone Android dan Komputer PC / Laptop. Sehingga setiap orang juga bisa menyimpan informasi tertentu di dalam barcode sesuai keinginan. Berikut Denpono Blog akan mengulas cara termudah untuk membuat Barcode Sendiri.


1. Cara Membuat Barcode Secara Online

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop

Seperti dikatakan tadi karena era sudah semakin digital maka untuk keperluan membuat barcode bisa dilakukan secara online. Cara ini memanfaatkan situs Barcode Generator sehingga kalian bisa menggunakan smartphone Android ataupun laptop yang penting memiliki akses internet.
  • Pertama-tama kalian kunjungi situs Barcode Generator
  • Setelah itu ganti "Your Text dengan informasi Teks, Link atau Nomor sesuai keinginan. Kalian juga bisa mengubah pengaturannya pada "Advanced Options".
  • Terakhir, klik "Generate Barcode"

Apabila pada saat kalian klik Generate Barcode ada peringatan C128A not include the char 'a' atau sejenisnya kalian harus ganti Symbology di menu "Advanced Options".

Nah itu tadi adalah cara membuat barcode / kode batang untuk kebutuhan perorangan. Sedangkan untuk kebutuhan labeling bisnis atau semacamnya kalian perlu membuat secara resmi. Biasanya mencantumkan UPC / ISBN. Pada situs generator di atas sebenarnya juga sudah ada informasi mengenai hal tersebut jadi kalian sembari membuat barcode juga bisa mempelajari mengenai UPC dan ISBN.

2. Cara Membuat Barcode di Android

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop

Untuk membuat sebuah barcode dengan Android sangatlah mudah, yang perlu lakukan adalah download dan install aplikasi Barcode Generator dari Google Play Store secara Gratis. Contohnya seperti yang akan saya terangkah di bawah ini.
  • Pertama, download dan install aplikasi Barcode Generatordari Google Play Store secara gratis
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih Code Type Barcode
  • Masukkan informasi sesuai keinginan kalian, jika sudah benar tap tanda Centang di pojok kanan atas.
  • Selesai

Jika kalian tidak suka dengan aplikasi ini bisa mencari aplikasi serupa di Google Play store dengan mengetik dengan kata kunci barcode generator.

*)) Bonus : Untuk pengguna iPhone atau iOs bisa memakai aplikasi serupa bernama QR Reader dan cara pemakaian juga hampir mirip untuk ponsel Android.

3. Cara Membuat Barcode Dengan Excel

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop

Jika tadi menggunakan perangkat Android, Aplikasi dan juga secara online. Bagi kalian yang memiliki Komputer atau Laptop bisa membuat barcode secara mudah dengan Microsoft Excel. Caranya sangat mudah, yaitu :
  • Kunjungi situs : IDautomation.com
  • Setelah itu pilih tab "Barcode Font" lalu klik "VBA Macros for Excel & Access" 
  • Download dan ekstrak file .Zip di komputer PC kalian
  • Setelah itu Buka Excel > Tools > Macro > Visual Basic Editor
  • Setelah itu klik File > Import File
  • Cari file IDAutomationVBA.bas di dalam foder zip yang sudah di download tadi
  • Selanjutnya nanti akan ditambahkan pada folder "Modules" setelah itu keluar dari Visual Basic Editor dan kembali ke Excel
  • Sekarang Uji Coba dengan mengetik sejumlah nomor pada kolom A1 dan ketik fungsi barkode pada kolom B2, kode fungsinya =Code128(A1)
  • Untuk menampilkan hasil, klik pada kolom fungsi B2, kemudian cari font IDautomation (Jika tidak ada font nya kalian download dulu di situs IDautomation.com ini tadi)
  • Terakhir Barcode akan tampil pada kolom atau sel B2.

4. Cara Membuat Barcode Dengan Corel Draw

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop

Selanjutnya masih menggunakan Komputer / Laptop, cara membuat barcode kali ini menggunakan Software Corel Draw. Bagi yang suka bikin desain spanduk atau apapun yang berbau vektor pasti sudah tidak asing dengan software yang satu ini. Ternyata selain untuk desain, corel draw juga bisa digunakan untuk membuat Barcode alias kode batang lho.. Gak percaya? simak penjelasan di bawah ini.
  • Pertama buka software Corel Draw terlebih dahulu.
  • Kemudian buat lembar kerja baru dengan cara tekan kombinasi keyboard CTRL+N
  • Setelah itu pada menu bar, klik Edit > Insert Barcode.
  • Selanjutnya kalian pilih tipe barcode yang ingin dibuat, lalu isi angkat dan klik Next
  • Terakhir kalain atur sesuai keinginan kalian misalnya jenis font. Jika sudah klik Next
  • Selesai, maka barcode berhasil dibuat dengan Corel Draw

Baca Juga : 

Akhir Kata

Jadi itulah Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop. Dari pembahasan kali ini setidaknya ada 4 cara yang bisa dipakai untuk membuat suatu Barcode secara mudah, baik itu dengan Smartphone atau Laptop. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa lagi. Bye!

0 Response to "4 Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Android dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel