Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Apa Itu QRIS? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Apa Itu QRIS? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Pada kesempatan kali ini Denpono akan membahas seputar kode QRIS (baca: Kris), Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya. Jadi buat kalian terutama pelaku usaha, wajib membaca artikel ini hingga selesai.

Semakin berkembangnya teknologi, kini pembayaran pun bisa dilakukan secara online. Jika dahulu hanya bersistem dengan cara transfer saja, maka saat ini sudah merambah ke jenjang yang lebih baik lagi dengan scan barcode atau bahasa gaulnya yaitu kode QR (QRIS).

Pengertian QRIS

Apa itu QRIS? merupakan standar kode QR untuk metode pembayaran dari Bank Indonesia (BI) dan ASPI. Dalam sistemnya, satu code dapat discan atau dipindai oleh seluruh aplikasi yang menyediakan pembayaran menggunakan sistem tersebut.

Bank Indonesia melancarkan QR Code Indonesian Standard pada akhir tahun 2019 kemarin. Karakteristik dari QRIS antara lain, mempunyai data lebih besar dibandingkan barcode horizontal, kemampuan terbaca tinggi meskipun 30% code rusak, serta dapat dibaca dari segalah arah.

Cara bertransaksi dengan QRIS pun sangat mudah yaitu hanya memerlukan tiga langkah mudah. Pertama, buka aplikasi pembayaran yang diingikan. Lalu scan QRIS & periksa nama merchant. Kemudian tinggal mengisi nominal dan klik bayar. Maka tagihan Anda otomatis terbayar.

Manfaat Menggunakan QRIS Bagi Merchant

Apakah Anda memiliki usaha atau merchant? Coba daftarkan di QRIS karena akan banyak keuntungan yang didapatkan. Apa saja manfaatnya? 

1. Mengikuti Trend Pembayaran Non-Tunai

Perkembangan teknologi semakin kesini melahirkan banyak sekali dompet digital yang sangat bermanfaat untuk manusia. Dengan adanya fitur tersebut, tidak perlu lagi terlihat membawa uang sangat banyak saat pergi kemana-mana untuk melakukan pembayaran.

Cukup dengan scan QR Code, maka membayar apapun akan mudah. Dengan kemudahan itu, pembayaran non-tunai menjadi trend di kalangan masyarakat. Maka, jika Anda menggunakan QRIS, tentu akan memudahkan banyak pembeli yang mengikuti trending tersebut

2. Memudahkan Pembeli Membayar dengan Berbagai Platform Dompet Digital 

QRIS memang salah satu produk pemerintah yaitu Bank Indonesia untuk menaungi masyarakat dengan banyak dompet digital. Tidak seperti QR Code sebelumnya pada setiap aplikasi yang berdiri sendiri, metode ini menaungi semua platform sekaligus.

Bahkan BI sudah menjelaskan platform yang bekerja sama dengan mereka. Seperti OVO, Link Aja, Gopay, Shopeepay, Dana, Serta beberapa Bank contohnya BRI, Mandiri, BCA dan lain sebagainya. Jadi jika pembeli Anda termasuk pengguna salah satunya, tentu bisa menggunakan QRIS.

3. Transaksi Tercatat Otomatis

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan QRIS adalah mendapatkan pencatatan transaksi secara otomatis. Tidak perlu bingung lagi meng-kalkulasi mengenai total pengeluaran untuk tagihan serta pemasukan penjualan dalam satu hari.

Dengan QRIS, history pembayaran serta pembelian akan tercatat dengan rapi sehingga jangan khawatir terjadi kekeliruan. Selain itu, pencatatan otomatis tersebut memudahkan Anda untuk menghitung perkiraan laba rugi penjualan dengan cepat.

Cara Membuat Kode QRIS

Ada berbagai cara untuk membuat Kode QRIS. Anda bisa membuatnya melalui beberapa platform yang bekerja sama dengannya, meliputi:

1. Cara Membuat Kode QRIS dengan Dana Bisnis

Anda bisa membuat kode QRIS melalui Dana Bisnis dengan cara sebagai berikut :

  • Install Aplikasi Dana pada handphone Anda
  • Lakukan registrasi Akun atau login jika sudah memilikinya
  • Kemudian klik profil saya, dan lakukan verifikasi untuk menjadi akun Dana Premium
  • Anda perlu memverifikasi KTP, Wajah, Identitas, serta dokumen pendukung
  • Tunggu beberapa hari untuk di ACC oleh pihak Dana
  • Jika sudah, daftar Dana Bisnis pada bagian profil saya
  • Lakukan tahap-tahap pendaftaran sesuai ketentuan
  • Kemudian pihak Dana akan memverifikasi dalam beberapa hari untuk ACC akun Anda
  • Jika sudah, selamat Anda sudah memiliki Dana Bisnis dan bisa mendapatkan QRIS untuk pembayaran merchant tersebut di bagian rincian atau profil akun 
    Cara Membuat Kode QRIS dengan Dana Bisnis


2. Cara Membuat Kode QRIS dengan BRI

Anda juga dapat membuat QRIS menggunakan berbagai bank, salah satunya BRI. Datangi kantor Bank BRI kemudian mengajukan pendaftaran QRIS secara offline, karena untuk daftar dengan cara online sepertinya belum disediakan platformnya.

Saat akan melakukan pendaftaran pastikan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan yaitu: sudah membuka rekening BRI, mengisi form yang telah disediakan, serta melampikan identitas diri seperti KTP dan NPWP.

3. Cara Membuat kode QRIS dengan OVO Merchant

Cara membuat kode QRIS menggunakan OVO Merchant juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Download dan Install aplikasi OVO Merchant di handphone Anda. Pastikan sudah memiliki akun OVO terlebih dahulu
  • Kemudian lakukan pendaftaran akun OVO Merhant sesuai dengan tahap yang disediakan meliputi rincian bisnis Anda sert lain sebagainya
  • Tunggu beberapa hari untuk pihak OVO memverifikasi akun Anda
  • Jika sudah terverifikasi, selamat OVO Merchant sudah siap digunakan. Anda juga akan mendapatkan QRIS pada pengaktifannya di bagian profil akun tersebut.

4. Cara Membuat Kode QRIS dengan Gobiz Dari Gopay

Jika ovo menyediakan aplikasi tersendiri untuk merchantnya, begitupula dengan gopay yang memfasilitasi dengan adanya Gobiz. Berikut adalah cara membuat QRIS melalui platform tersebut:

  • Download dan Install aplikasi Gobiz di handphene Anda. Pastikan sudah memiliki akun gopay, jika belum bisa mendaftar terlebih dahulu.
  • Lakukan pendaftaran pada Gobiz dengan mengikuti tahap-tahap yang sudah ditentukan. Pastikan memberikan identitas sejujurnya dan lakukan secara teliti
  • Tunggu verifikasi dari pihak Gobiz beberapa hari untuk mengaktifkan akun merchant Anda
  • Jika sudah, selamat Anda sudah terdaftar Gobiz dan bisa mendapatkan QRIS pada profil akun tersebut sebagai alternatif pembayaran merchant.

5. Cara Membuat Kode QRIS dengan BCA

Anda juga dapat membuat kode QRIS dengan bank BCA, berikut adalah caranya :

  • Anda bisa mendatangi kantor Bank BCA untuk melakukan pembuatan kode QRIS secara offline. Jangan lupa untuk membawa syarat-syara yang dibutuhkan seperti KTP dan identitas diri lainnya
  • Selain itu, BCA juga melayani pendaftaran secara online melalui website resmi bank tersebut
  • Isi form yang disediakan mengenai merchant Anda
  • Tunggu verifikasi dari pihak BCA
  • Jika sudah, Anda akan dikonfirmasi lewat email bahwa kode QRIS Anda siap digunakan.

Dengan memiliki kode QRIS ini, Anda sudah tidak perlu membawa sejumlah uang untuk melakukan pembayaran tunai. Namun, kelemahaannya yaitu tidak semua tempat menyediakannya.

Lihat Juga :

Demikian penjelasan tentang pengertian QRIS, manfaat dan cara membuatnya. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk pembaca sekalian khususnya pelaku usaha.

1 comment for "Apa Itu QRIS? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya"

  1. Sangat membantu untuk para pembisnis di generasi milenial seperti saat ini
    Good job

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.