Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya, Gunakan Aplikasi Ini


Sebagai seorang pengguna komputer atau laptop tentu sudah tak asing dengan namanya program/aplikasi komputer (Software). Segala jenis pekerjaan saat ini hampir semua ada program aplikasi komputernya, seperti Microsoft Office (Office), Autocad (Permodelan), Corel Draw dan Photoshop (Desain), dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya sebuah program aplikasi yang diperlukan, kita lupa bahwa telah terlalu banyak menginstal aplikasi di dalam komputer / laptop kita. Sehingga berdampak terhadap kinerja dari komputer yang kita gunakan.
Baca Juga : 6 Tips Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lelet Lagi
Sering juga program aplikasi tersebut banyak yang sudah tidak terpakai lagi alias menganggur, untuk itu lebih baik program aplikasi tersebut dihapus atau uninstall saja.

Maka dari itu, pada artikel ini Admin rangkumkan beberapa cara untuk Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar - akarnya :


1. Unnistall Standard
Pada dasarnya komputer memiliki fitur bawaan yang fungsinya untuk mengahapus/uninstall suatu program aplikasi. Apabila sobat ingin menggunakan fitur ini maka gunakan Program and Features yang berada di Control Panel.

Lebih mudahnya sobat bisa cari dengan mengetik "Program and Features" pada kolom pencarian di windows. Setelah itu akan muncul fitur yang admin maksud. Kemudian cara untuk menggunakan cukup sederhana, sobat tinggal klik program mana yang ingin dihapus, lalu klik Uninstall.

Lebih jelasnya sobat bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya,  Gunakan Aplikasi Ini

Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya,  Gunakan Aplikasi Ini

Namun perlu diketahui juga bahwa cara ini merupakan cara yang paling standard. Program yang dihapus atau di uninstall tetep meninggalkan folder berkas di partisi sistem, dan perlu dihapus secara manual.

Untuk mengakali hal tersebut tidak ada salahnya untuk menggunakan program aplikasi pihak ketiga untuk menghapus / unistall suatu aplikasi.


3. CC Cleanner
Merupakan pogram aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk membersihkan komputer atau laptop dari sampah - sampah komputer (Junk Files). Selain itu program aplikasi  ini memiliki fungsi sebagai unistaller atau mengapus suatu program aplikasi.

Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya,  Gunakan Aplikasi Ini

CC Cleanner ini memiliki keunggulan yaitu ringan untuk digunakan dan tidak banyak memakan kinerja dari CPU. Kemudian  bisa di download secara gratis.

Uninstaller ini mampu mengahapus aplikasi dan berkas-berkas sisa sampai ke akarnya, dengan demikian sobat tidak perlu lagi untuk mengahpus tersebut secara manual.
Baca Juga : Junk Files, Sampah pada Komputer yang Perlu Diketahui

3. IObit Uninstaller
Merupakan program aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai uninstaller penggati fitur bawaan. Sama halnya dengan CC Cleanner, IObit Unistaller juga mampu membersihkan aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan lagi sampai ke akar-akarnyaa.

Aplikasi pihak ketiga ini memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Namun, jika hanya sekedar sebagai alat bantu untuk uninstall maka versi gratis bisa dikatan lebih dari cukup.

Tetapi ada sedikit minus menurut pandangan admin, yaitu program ini agak terlalu berat dijalankan terutama bagi sobat yang memakai komputer atau laptop jadul. Lebih baik menggunakan CC Cleaner saja karena lebih ringan.
Baca Juga : Laptop Jadul Upgrade SSD, Bisa Main PUBG ?

Kedua ulasan diatas adalah pendapat pribadi dari admin, jika ternyata berbeda dengan apa yang sobat rasakan mohon dimaafkan ya, hehe...

Sebagai alternatif, ada beberapa program aplikasi pihak ketiga lain yang bisa sobat coba, yaitu :

  • Wise Program Uninstaller
  • Geek Uninstaller
  • Revo Uninstaller Free
  • Dan masih banyak lagi
Baca Juga : Cara Memperbaiki Komputer Dengan System Restore

Itulah pembahasan mengenai Uninstall Program dengan judul "Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya,  Gunakan Aplikasi Ini". Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada salah kata dalam artikel ini mohon kesediaannya untuk kritik pada kolom komentar dibawah. Terimakasih.

0 Response to "Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya, Gunakan Aplikasi Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel