6 Tips Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lelet Lagi

5 Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tidak Lelet Lagi-min. Ilustrasi by : John Schnobrich

Laptop merupakan perangkat yang wajib bagi sebagian besar orang pada saat ini, mengingat kemampuan laptop yang bisa membantu pekerjaan kita. Mulai dari kalangan pelajar atau mahasiswa, pembisnis dan personal.

Pada umumnya laptop digunakan untuk kegiatan office alias ketik mengetik, editing seperti photoshop , coreldraw, simulasi dan game seperti matlab dan autocad.

Agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar maka perlu ditunjang dengan kinerja laptop yang baik. Sehingga kejadian seperti hang atau lag yang terjadi ditengah pekerjaan kita dapat dihindari.

Untuk itu berikut kami rangkumkan 6 tips mempercepat kinerja laptop agar tidak lelet :


1. RUTIN MEMBERSIHKAN JUNK FILES

Sama halnya dengan ponsel smartphone, laptop juga bisa menghasilkan junkfile atau sampah. Junk files ini terbentuk pada saat menginstal program baru, menghapus atau uninstal program, kegiatan surfing internet, dan segala kegiatan yang dilakukan pada laptop.

Lantas apa dampaknya bagi performa laptop??

Junk files pada suatu laptop yang semakin menumpuk maka akan menyebabkan penumpukan data pada Harddisk, sehingga ruang menjadi penuh. Karena penuhnya ruang Harddisk tentu berdampak pada proses Write dan Read Harddisk itu sendiri. Dampaknya pemprosesan suatu program menjadi lebih lama atau dengan kata lain menjadi lelet.

Maka dari itu junk files atau sampah ini perlu dibersihkan secara berkala. Pembersihan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan program bawaan serta dengan program pihak ketiga seperti CC Cleanner.

Program bawaan yang dimkasud adalah Disk Cleanup.
Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu cukup klik kanan pada partisi Harddisk yang ingin di CleanUp. Selengkapnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

5 Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tidak Lelet Lagi
Baca Juga : Junk Files, Sampah pada Komputer yang Perlu Diketahui

2. MANAGEMEN DISK

Managemen yang dimaksud adalah lokasi penyimpanan pada Harddisk yang perlu ditata dengan rapi. Sama Halnya dengan sebuah kamar, perlu dilakukan manajemen penataan yang baik seperti dimana menempatkan buku, laptop, tas, baju dan lain sebagainya.

Suatu Harddisk yang memiliki manajemen disk yang baik tentu juga akan berpengaruh dengan peforma atau kinerja laptop itu sendiri.

Buat folder - folder yang sesuai dengan file yang disimpan, seperti folder Film, Musik, Tugas, dan jenis file lainnya. Tentukan sendiri agar file ini tertata dengan rapi.

Selain itu juga diperlukan Disk Defragmen secara berkala, tujuannya adalah agar Disk menjadi sehat kembali, untuk melakukan Defragmen cukup dengan ketik "Defragment" pada pencarian windows maka program yang admin maksud sudah muncul.

5 Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tidak Lelet Lagi
Baca Juga: 3 TIPS SEDERHANA AGAR KOMPUTER TIDAK LELET

3. HAPUS PROGRAM

Cara lain yang dapat mempercepat kinerja laptop agar tidak lelet adalah dengan menghapus program atau software yang tidak diperlukan. Terlalu banyak porgam yang terinstal pada suatu laptop tentu memiliki dampak cukup signifikan.

Laptop yang berisi banyak program biasanya akan memiliki kinerja lambat, untuk itu sobat lebih baik hapus beberapa program aplikasi yang dirasa tidak berguna.

Mengapa perlu dihapus? Simpelnya seperti ini, kebanyakan suatu program yang terinstal pasti memiliki bagian kecil yang berjalan di sistem tray atau background. Banyangkan apabila ada banyak program aplikasi yang berjalan di sistem tray, bisa dipastikan laptop jadi lelet karena memori dan cpu terpakai dengan sia-sia.

Baca Juga : Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya,  Gunakan Aplikasi Ini

4. MATIKAN PROGRAM START UP

Start Up merupakan proses dimana suatu komputer atau laptop ketika akan masuk sistem operasi (Windows) untuk  pertama kali pada saat dinyalakan. Proses ini pada umumnya hanya memerlukan beberapa detik, tidak sampai dengan 1 menit.

Namun, di beberapa kasus bisa lebih lama. Salah satu penyebabnya yaitu saking banyaknya program atau aplikasi yang berjalan pada saat Start Up, sehingga mengakibatkan laptop menjadi lelet.

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada saat start up bisa berarti proram yang terinstal terlalu banyak, untuk itu perlu dilakukan uninstal beberapa aplikasi yang tidak berguna lagi.

Kemudian cara agar proses start up menjadi cepat dapat dilakukan dengan cara menon-aktifkan program start up atau men-disable.

Caranya cukup mudah, sobat tinggal klik keyboard logo "windows"+R  secara bersamaan, kemudian ketik "msconfig" lalu enter. Setelah itu klik pada bagian "startup", klik Disable lalu Apply dan OK.


5 Tips Mempercepat Kinerja Laptop
Baca Juga : Libraries di Windows 7 Selalu Membuka Saat Startup? Begini Cara Memperbaikinya
5. UPGRADE RAM

Ram merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu perangkat komputer. Ibarat Meja Kerja, tanpa Ram kita tidak dapat melakukan aktifitas apapun pada suatu komputer.

Ram bertugas menyimpan proses kerja pada suatu komputer, penggunaan Ram paling terasa pada saat melakukan multi-tasking alias membuka aplikasi secara bersamaan atau lebih dari satu.

Seperti ibarat meja kerja, apabila meja kerja semakin luas maka semakin banyak pula pekerjaan yang dapat dilakukan pada meja tersebut. Begitu pula dengan Ram, apabila kapasitas ram semakin besar maka semakin banyak pula tugas atau aplikasi yang dapat dibuka diwaktu yang sama.

Dari penjelasan tersebut, maka untuk meningkatkan performa laptop dapat dilakukan dengan menambah atau upgrade Ram. Tetapi perlu diketahui bahwa menambah Ram artinya juga perlu tambahan biaya, oleh karena itu alangkah bijaknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu, serta melihat tingkat kebutuhan kita. Perlu upgrade sekarang atau bisa ditunda dulu.

Baca Juga : Upgrade RAM ? Ketahui Ini Dulu Agar Tidak Keliru


6.UPGRADE SSD

Saat ini terdapat 2 jenis penyimpanan yang populer di kalangan pengguna komputer/laptop, yaitu Harddisk dan SSD.

Kedua penyimpanan tersebut memiliki sistem kerja berbeda satu sama lain. Harddisk bekerja secara mekanik melaluI piringan yang berputar, sedangkan SSD bekerja dengan sistem elektrik seperti flashdisk dan mmc.

Sehingga kecepatan baca dan tulis (write and read) keduanya terpaut jauh. SSD sangat unggul karena mampu bekerja 8x lebih cepat dibanding Harddisk.

Oleh karena itu SSD sangat cocok dipakai sebagai alternatif untuk mendongkrak kinerja dari suatu Laptop. Dampak positif dari penggunaan SSD dapat dirasakan pada saat booting dan membuka suatu program aplikasi. Hanya diperlukan beberapa detik suatu laptop untuk melakukan booting dan membuka  aplikasi.
Baca Juga : Laptop Jadul Upgrade SSD, Bisa Main PUBG ?

Akhir kata, itulah 5 Tips Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lelet Lagi. Dari artikel diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk meningkatkan performa laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara antarara lain :

  • Rutin membersihkan junk files
  • Managemen Disk yang baik
  • Hapus program yang tidak perlu
  • Disable Program di Start Up
  • Upgrade RAM
  • dan Terakhir Upgrade SSD
Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada kritik maupun saran silahkan tinggalkan di kolom komentar.
Terimakasih..

0 Response to "6 Tips Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lelet Lagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel