Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet
Printer merupakan salah satu dari sekian banyak peralatan yang sangat penting dalam dunia kerja dan pendidikan. Peralatan yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen dan scanning ini memiliki banyak sekali jenis dan merek. Salah satu merek yang terkenal dan banyak digunakan adalah printer Canon. Printer ini terkenal karena harga yang terjangkau dan juga memiliki kualitas hasil cetak yang baik.

Sama seperti peralatan elektronik pada umumnya, Printer Canon juga memerlukan perawatan agar tetap awet dan kualitas cetak tetap baik. Untuk itu pada artikel ini Denpono Blog akan sedikit memberikan Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet.


1.Gunakan Setiap Hari

Agar Printer tetap bekerja dengan baik hendaknya digunakan setiap 1 atau 2 hari. Hal ini bertujuan agar Cartridge tidak kering. Apabila Printer jarang dipakai maka akan berpotensi terjadi macet pada saat proseng mencetak dokumen dikarenakan cartridge kering.

Digunakan setiap hari bukan berarti melakukan printing dalam jumlah banyak seperti pada saat mencetak dokumen, karena setiap hari juga tak selalu butuh proses Printing ini. Yang perlu dilakukan adalah cukup mencetak teks apapun cukup 1 kali proses Printing.

Hanya dengan 1 kali nge'print itu sudah cukup agar Printer tetap dalam kondisi baik. Penggunaan rutin ini perlu dilakukan salah satunya karena dalam sebuah Printer bekerja tidak sebatas dengan proses Digital akan tetapi ada proses mekanik yaitu pada bagian motor dan Cartridge nya, sehingga apabila jarang digunakan akan berpotensi terjadi macet.



2. Rutin Membersihkan Cartridge

Cartridge merupakan komponen penting dalam sebuah Printer, disinilah tinta ditampung dan kemudian pada saat proses Printing oleh Controller memproses sesuai dengan dokumen yang dicetak/print.

Karena merupakan komponen yang penting maka harus dilakukan perawatan paling tidak seminggu sekali.

Rutin Membersihkan Cartridge

Agar Cartridge selalu dalam kondisi baik lakukan pembersihan pada area bertanda seperti gambar di atas. Bersihkan dengan menggunakan tisu atau tisu yang diberi minyak kayuputih.  Perawatan Cartridge ini untuk membesihkan sisa-sisa tinta yang belepotan diarea tersebut, jika tidak dibersihkan dikhawatirkan akan membuat proses Printing menjadi tidak maksimal.


3. Maintenance

Maintenance adalah kata lain dari pemeliharaan, pada langkah ini pemeliharan dilakukan dengan menggunakan Software. Cara untuk melakukan Maintenance adalah :
  • Klik Star Windows
  • Pilih Device and Printers
  • Klik kanan pada Icon printer yang terinstal, lalu klik Printers Properties
  • Klik pada tab Maintenance, maka akan terlihat tampilan seperti ini :
Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Setelah itu lakukan Maintenance mulai dari Cleanning / Deep Cleanning, Button Plate Cleanning, dan Roller Cleanning. Lakukan pemeliharaan ini paling tidak seminggu sekali agar printer canon dalam kondisi baik dan awet.



4. Infus Printer

Saat ini pengguna Printer ada 2 tipe, yaitu tipe yang Orisinil dan Modif.
Orisinil adalah penggunaan Printer yang sesuai dengan pabrikan tanpa ada modifikasi, jadi apabila tinta dalam cartridge habis maka pengguna harus melakukan injek tinta secara manual yaitu dengan cara menyuntikkan kedalam cartridge.

Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet

Berbeda dengan tipe Printer yang Orisinil, Printer Modifikasi akan ditambahkan tempat penampungan khusus tinta yang kemudian dihubungkan ke Cartridge dengan menggunakan selang. Modifikasi ini biasa disebut dengan Infus Printer. Pengguna Printer tipe ini tentu lebih fleksibel dalam urusan tinta, sebab sudah ada tabung khusus tinta sendiri.

Dari kedua tipe ini sebenarnya tergantung selera masing-masing, akan tetapi menurut saya pribadi sebagai admin Denpono Blog merasa lebih cocok dengan yang Orisinil.

Mengapa??

Dari pengalaman pribadi selama menggunakan Printer Canon modifikasi (Infus) tidak baik untuk Cartridge karena akan memperpendek masa pakai dari Cartridge itu sendiri. Kita tahu sendiri bahwa harga Cartridge tidaklah murah berkisar harga 200 sampai 300 ribuan.

Dari pengalaman itu lebih baik memakai Printer yang Orsinil saja, tidak masalah walau harus suntik tinta secara manual yang penting Printer tetap awet.



5. Jangan Ditindih

Bagi yang menggunakan Printer + Scanner maka perlu diperhatikan dalam penempatannya, jangan sampai bagian atas printer dijadikan tempat untuk meletakkan sesuatu. Sebab Scanner biasanya berada pada bagian atas Printer, jika sering diberi beban maka bisa menyebabkan kerusakan pada Scanner.

Selain itu dikhawatirkan Printer ketumpahan barang-barang yang berbentuk kecil atau cair, sehingga merepotkan kalau harus membersihkannya, selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada Printer.


Itulah Tips dan Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet, semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta printer kalian menjadi lebih awet. Sekian, Wassalam.

0 Response to "Cara Merawat Printer Canon Agar Tetap Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel