Kuliah Sambil Kerja ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Kuliah Sambil Kerja ? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap orang setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) pasti akan dihadapkan dengan pilihan yang sangat dilema, yaitu melanjutkan pendidikan atau langsung kerja. Kedua pilihan ini sangat membuat orang menjadi bingung, apalagi jika orang tersebut berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Didalam hati ingin melanjutkan pendidikan dengan berkuliah tetapi disisi lain juga terhalang dengan biaya kuliah nantinya. Oleh karena itu diperlukan jalan keluarnya. Salah satu pilihan jalan keluar dimana agar tetap kuliah tetapi bisa membiayai hidupnya adalah dengan bekerja.

Pada artikel ini Denpono.com akan membahas bagaimana kelebihan dan kekurangan kuliah sambil kerja. Berikut pembahasannya.


KELEBIHAN
Jika seseorang memutuskan untuk kuliah sambil kerja maka keuntungan pertama yang akan didapatkan yaitu tentu mendapatkan penghasilan sendiri, dan dapat dimanfaatkan untuk :

  1. Biaya atau uang makan
  2. Membayar kos
  3. Membayar biaya kuliah
  4. Membeli kebutuhan pribadi
  5. Menabung
Selain kelima manfaat diatas tentu yang paling penting adalah kita bisa sedikit meringankan beban orang tua sekaligus bisa melatih untuk bisa mengatur uang dengan baik. Kemudian melatih kita menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Kelebihan selanjutnya manfaat kuliah sambil kerja adalah kita nantinya akan lebih pandai dalam mengatur waktu. Antara waktu kuliah, bekerja, dan rekreasi. Selain itu juga kita akan mendapatkan pengalaman kerja lebih awal dibanding rekan-rekan yang tidak bekerja.



KEKURANGAN
Segala sesuatu di dunia ini pasti ada kekurangannya, karena hakikatnya memang seperti itu. Ada baik-buruk, positif-negatif, dan tentunya ada kelebihan juga ada kekurangan. Jika sebelumnya kita membahas mengenai kelebihan dari kuliah sambil kerja maka pada sesi ini akan dibahas kekurangannya.

Kekurangan atau kelemahan dari kuliah sambil kerja yang paling terasa adalah tidak adanya atau lebih tepatnya sedikitnya waktu luang. Sehingga sangat sedikit waktu dimana kita bisa berleha-leha santai dan nongkrong di cafe seperti orang pada umumnya.

Kemudian rasa capek yang sangat terasa baik itu raga dan pikiran. Sehingga diperlukan penyegaran atau refreshing. Kalau saya biasanya kalau atau waktu pasti akan melakukan kegiatan mendaki gunung. Bagi saya mendaki gunung selain membuat tubuh menjadi fresh juga membuat kepala lebih adem dan stres bisa hilang.

Jarang berkumpul dengan teman kuliah, entah ini berlaku untuk semua orang atau tidak, yang jelas ini yang saya rasakan. Terkadang merasa iri dengan rekan-rekan yang bisa berkumpul sedangkan kita malah sibuk bekerja. Selain itu juga jika kita aktif bekerja tentu akan membuat kita menjadi susah aktif di suatu organisasi kampus.


Segala sesuatu memang ada kekurangan dan kelebihannya, tergantung pribadi masing-masing. Tetapi poin utamanya adalah ketika seseorang kuliah sambil bekerja dengan niat tulus ingin meringankan beban orang tua maka pegang niatan itu, agar ketika lelah dengan rutinitas pekerjaan tetap memiliki motivasi yang kuat. Jadi itulah Kelebihan dan Kekurangannya Kuliah Sambil Kerja, semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel