Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook

Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook

Diera yang semakin modern ini perkembangan dunia digital semakin pesat. Transaksi jual beli saat ini juga sudah banyak yang memanfaatkan teknologi digital seperti Facebook. Jual beli di Facebook biasanya dilakukan pada grup atau forum jual bel, contohnya “Lapak Jual Beli Hp Semarang Timur”. Grup tersebut ditujukan untuk promosi jual beli hp area Semarang Timur. Tetapi ketika sedang melakukan transaksi jual beli di Facebook harus berhati-hati karena banyak sekali modus penipuan.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa contoh modus penipuan yang sering terjadi pada forum jual beli serta bagaimana cara mencegah agar tidak terjebak dengan modus penipuan tersebut.


WASPADA HARGA MURAH

Penipu di Facebook biasanya akan memposting barang dagangan dengan harga yang tidak wajar alias harga miring. Tak heran karena orang Indonesia cenderung menyukai sesuatu yang berharga murah. Kecenderungan inilah yang dimanfaatkan penipu untuk mengelabui calon korbannya.

Cara agar tidak mudah terpincut dengan barang dengan harga murah ini adalah dengan melakukan verifikasi harga, yaitu dengan cara membandingkan dengan penjual lain. Cara termudah adalah dengan melihatnya di Google, seperti apabila ada yang menjual smartphone merk A dengan harga murah terlebih dahulu cek harga dulu di Google.

Dengan melakukan pengecekan harga di Google seperti ini sobat sudah bisa mengambil kesimpulan apakah penipuan atau tidak.

Berikut adalah contoh postingan di salah satu grub forum jual beli yang terindikasi penipuan.

Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook

Jika diperhatikan harga yang ditawarkan sangat tidak wajar, karena dibawah harga pasaran. Coba dibandingkan dengan harga aslinya, jelas sangat berbeda jauh.

Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook

Selanjutnya kalau ditelisik lebih jauh dengan melihat profil yang membuat postingan itu jelas bahwa akun Facebooknya bukan akun asli alias akun bodong. Hal ini bisa dilihat pada kronologinya yang kosong dan hanya berisi beberapa update-an profil saja.



MANFAATKAN ONLINE MARKETPLACE

Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook

Ketika sobat berencana ingin melakukan transaksi pada forum jual beli di Facebook prioritaskan dengan mengajak penjual untuk pembayaran ditempat alias COD ( Cash On Delivery ). Ini adalah cara teraman agar terhindar dari modus penipuan.

Namun apabila terpaksa tidak bisa melakukan COD ajaklah penjual untuk melakukan transaksi di Online Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun Shopee. Karena dengan menggunakan jasa Online market place ini sobat juga akan membuat transaksi lebih aman.

Baca Juga :

Itulah salah satu modus penipuan yang sering terjadi di Facebook. Pada artikel ini “Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook” Denpono.com dapat menyimpulkan bahwa Modus penipuan ini sangat mudah diketahui dan cara yang paling efektif agar terhindar dari penipuan seperti ini adalah dengan tidak mudah percaya dengan iming-iming harga murah. Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Waspada ! Modus Penipuan Jual Beli di Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel