Tips Merawat Printer Laser Agar Awet


Tips Merawat Printer Laser Agar Awet

Tips Merawat Printer Laser - Jenis printer Laserjet merupakan printer yang memiliki teknologi  gabungan antara xeroyraphic technology yang sering ditemukan pada mesin fotocopy dengan menggunakan teknologi laser. Membeli printer laser untuk memenuhi kebutuhan cetak-mencetak seperti di kantor atau sekolahan merupakan pilihan yang sangat tepat.

jika dibanding dengan printer inkjet pada umumnya, printer laser memiliki keunggulan antara lain :
  1. Memiliki kecepatan mencetak dokumen yang tinggi dibanding jenis printer lain.
  2. Memiliki kualitas cetakan yang sangat tinggi. Bisa dibandingkan dengan hasil cetakan printer lain, jenis printer laser mampu mencetak hingga 1200 dpi (dots per inch).
  3. Dokumen yang dicetak dengan menggunakan printer laser lebih awet dibanding hasil cetakan printer biasa. Hal ini karena hasil cetakan printer tahan terhadap kelembaban yang tinggi sehingga membuatnya tidak mudah pudar dan luntur.
  4. Printer laser juga mampu mencetak pada media yang beragam, seperti kertas plain, transparansi, paper plate, label stiker, glossy paper dan lain sebagainya.
**

Selain beberapa keunggulan di atas, printer laser ini juga memiliki kelemahan yaitu memiliki konsumsi daya yang lebih besar dibanding printer lain, dan harga printer laser lebih mahal. Sehingga menjadi sangat penting dan wajib untuk untuk menjaga serta merawat printer laser yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk merawat printer laser agar awet.
  1. Tempatkan printer pada daerah yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Sebab di dalam cartridge printer terdapat OPC Drum yang sangat peka terhadap cahaya dan dapat rusak permanen apabila terpapar cahaya matahari secara langsung.
  2. Hindari penggunaan printer laser pada ruangan yang berdebu. Apabila debu masuk pada unit laser maka akan membuat hasil cetakan tidak maksimal.
  3. Hindari penggunaan printer laser pada ruangan yang lembab, karena bisa membuat kerusakan pada serbuk toner dalam cartridge.
  4. Jangan sekali-kali menggunakan toner cartridge yang sudah bocor . Tumpahan serbuk toner dapat menyebar di dalam printer dan menyebabkan kerusakan printer. Sehingga sebelum memasukkan toner cartridge ke dalam printer pastikan tidak ada kebocoran.
  5. Gunakan media cetak dengan gramatur yang sesuai dengan spesifikasi printer laser. Media cetak yang memiliki gramatur yang tinggi akan membuat beban terlalu tinggi pada unit pemanas (fuser) sehingga hasil cetakan akan mudah terhapus atau rontok.
  6. Gunakan printer pada tegangan yang stabil, bila perlu gunakan stavolt.
  7. Jangan memberi beban kerja printer melebih spesifikasinya. Setiap produsen printer memiliki standar tersendiri. Misal hanya 10.000 pages per month maka jangan digunakan melebihi standar tersebut.
  8. Apabila terjadi paper jam di dalam printer, hendaknya melepas toner cartridge-nya baru kemudian bisa ditarik kertas yang mengalami macet tersebut. Menariknya haruslah searah dengan arah keluar kertas, jangan berlawanan.
  9. Jangan menggunakan kertas bekas ketika mencetakan dokumen. Kertas bekas rawan untuk terjadi Paper Jam.
  10. Jika ingin lebih hemat dalam mencetak, bisa menggunakan jasa refil atau membeli cartridge compatible. Namun pastikan kualitas refiller memiliki kualitas yang bagus agar tidak merusak printer laser.

Baca Juga :

Itulah kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan printer laser. Selain itu juga penting untuk merawat printer laser ini agar tetap awet. Semoga 10 Tips Merawat Printer Laser di atas bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Tips Merawat Printer Laser Agar Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel