Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste)

Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste)

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA - Di dunia ini selalu saja ada kasus plagiat/plagiarism baik berupa barang nyata seperti tas, sepatu dan lain sebagainnya. Bahkan di dunia digital khususnya dunia blogger juga sering ditemukan kasus seperti ini. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab mencuri atau menduplikasi konten yang kita buat lalu dipublikasi kembali di dalam blog mereka.

Pencurian ini umumnya adalah artikel, dimana artikel tersebut merupakan hasil murni dari pemikiran kita lalu ada orang yang tidak bertanggung jawab mengcopy-paste di dalam blog mereka. Tindakan ini tidaklah benar karena merupakan pelanggaran hak cipta. Sebagai pemilih hak cipta atas artikel yang dicuri tersebut kita juga berhak untuk melaporkan ke Google DMCA (Digital Millennium Copyright Act) agar bisa dihapus oleh Google (Takedown).


DAMPAK PENCURIAN ARTIKEL

Segala bentuk pencurian merupakan tindakan yang sangat merugikan. Terutama dalam kasus ini adalah para pembuat artikel karena karya mereka dicuri dengan cara copy paste. Dampak negatif dari pencurian artikel ini berupa dianggapnya artikel yang kita buat berkualitas buruk oleh Bot Google karena terdapat plagiarism. Selanjutnya jika kita biarkan orang mencuri artikel pada blog kita tentu bisa berdampak buruk menurunnya jumlah pengunjung blog.

CARA MELAPORKAN KE GOOGLE DMCA

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangatlah mudah, karena Google sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk melaporkan pelanggaran hak cipta ini yaitu Google DMCA. Cara melaporkan artikel yang copy paste dari blog kita adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama, silahkan kunjungi situs Google DMCA lalu isi form seperti di bawah ini.

Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste)

Keterangan :
- First nama, isi dengan nama depan anda.
- Last name, isi dengan nama akhir anda.
- Company name, isi dengan nama blog.
- Copyright holder you represent, isi dengan Self.
- Email address, ini dengan email blog untuk menerima laporan.
- Region, isi Indonesia.

Langkah Kedua, setelah mengisi data diri di atas, selanjutnya kita isi form berikutnya seperti di bawah ini.

Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste)

Keterangan :
- Bagian 1 isi dengan alasan kenapa membuat laporan ini, gunakan bahasa inggris. Contohnya adalah seperti ini "All My article has been stolen and used without my permission".
- Bagian 2 isi dengan alamat/url dimana berada artikel asli blog kita.
- Bagian 3 isi dengan alamat/url target yang telah melakukan pencurian/plagiat pada blog kita (Bagian 2).
- Laporan ini bisa memuat 1000 baris, artinya kita bisa melaporkan 1000 link sekaligus

Langkah Ketiga, Selanjutnya kita diminta untuk tanda tangan pada "SWORN STATEMENTS" Seperti dibawah ini. Jika sudah klik Submit.



CEK STATUS LAPORAN

Setelah berhasil mengirim tersebut kita bisa melihat statusnya pada link berikut : DMCA Report. Disana kita bisa melihat apakah laporan kita disetujui atau ditolak.

Baca Juga :
Cara Mengetahui Artikel Copy Paste "PLAGIAT"
Cara Sederhana Agar Bisa Membuat Artikel Setiap Hari
Cara Mengecek dan Memperbaiki Broken Link "Link Rusak" Pada Blog

Itulah Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste). Sebagai pemilik hak maka kita perlu membuat laporan ini supaya tidak semakin merajalela. Saya sendiri sudah pernah membuat laporan ke Google DMCA atas 11 link yang sudah mencuri artikel saya. Hasilnya sangat memuaskan, dalam beberapa hari link yang saya laporkan sudah di-takedown oleh Google. Kalian bisa melihat laporan yang saya buat pada link ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

0 Response to "Cara Mudah Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA (Copy Paste)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel