Waspada! Stuck Recovery Setelah Update Android Pie di Redmi Note 5 'Whyred'

Waspada! Stuck Recovery Setelah Update Android Pie di Redmi Note 5 'Whyred'
Stuck Recovery Setelah Update Android Pie di Xiaomi Redmi Note 5 - Xiaomi saat ini sedang merilis update terbaru MIUI dengan Android Pie untuk tipe Redmi Note 5 (Whyred) dan Redmi 6 Pro. Namun ketika melakukan update tersebut pengguna di Indonesia banyak mengeluh karena mengalami Stuck Recovery saat update ROM melalui OTA. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Stuck Recovery terjadi setelah pengguna install update ROM dan tidak bisa masuk ke sistem melainkan terhenti pada Mi Recovery. Walaupun dilakukan Wipe Data ternyata masalah ini tidak bisa teratasi dan tetap Stuck di Mi Recovery 3.0 Seperti pada gambar di atas.

Jika kilas balik pada pengumuman Xiaomi pada beberapa waktu yang lalu, maka permasalah ini akan terjawab. Berikut pengumuman resminya :
  • Xiaomi Phones manufactured for (the) Chinese market are not able to run MIUI Global ROM
  • Xiaomi Phones manufactured for Global markets are not able to run MIUI China ROM

Baca juga :

Maksud dari 2 poin di atas yaitu, Smartphone Xiaomi yang Manufaktur untuk pasar China tidak bisa menjalankan MIUI ROM Global. Sedangkan Xiaomi yang Manufaktur untuk pasar Global tidak bisa menjalankan MIUI ROM China.

Cara Menghindari Stuck Recovery
Agar Xiaomi Redmi Note 5 kalian tidak mengalami Stuck Recovery setelah update ROM maka perlu diperhatikan dahulu beberapa hal berikut :

Waspada! Stuck Recovery Setelah Update Android Pie di Redmi Note 5 'Whyred'

Pada implementasinya pengguna Redmi Note 5 (Whyred) akan tetap bisa update ROM seperti biasa dan tidak ditemukan kendala. Namun akan menjadi masalah jika update tersebut berisi pembaharuan OS (Operating System) Android dari Oreo ke Pie.

Jadi agar tidak terjadi masalah jangan sembarangan update ROM jika ponsel kalian tidak sesuai. Maksudnya apa? Tidak sesuai disini merujuk pada pengumuman di atas yaitu jenis manufaktur-nya. Untuk menghindari Stuck Recovery caranya cukup mudah dengan hanya memperhatikan kardus/ box-nya saja. Simak penjelasan berikut!
  • Jika kardus ponsel kalian berwarna orange dan ada stiker garansi TAM maka aman jika update Android Pie serta aman dari Stuck Recovery
  • Jika kardus ponsel berwarna orange dan tulisan biasa maka juga aman dari Stuck Recovery karena termasuk produk distributor dengan manufaktur untuk pasar Global dan ROM Global
  • Jika kardus ponsel berwarna merah dan ada tulisan China, maka sebaiknya tidak melakukan update ROM versi Android Pie, karena bisa membuat Redmi Note 5 kalian mengalami Stuck Recovery akibat dari ROM yang tidak sesuai

PENTING : Beberapa informasi dari forum-forum menyebutkan bahwa masalah Stuck Recovery pada Redmi Note 5 tidak berlaku jika ponsel sudah UBL (Unlock Bootloader). Jadi walaupun ponsel kalian kardus box nya berwarna merah dengan tulisan China jika akan melakukan update ROM Android Pie tidak masalah.

Sebaliknya jika ponsel Redmi Note 5 kalian belum UBL maka pasti akan mengalami Stuck Recovery, jika sudah terlanjur demikian, jalan keluarnya yaitu dengan melakukan "Test Point". Untuk melakukannya dibutuhkan keahlian khusus karena harus bongkar body ponsel.

Jadi itulah informasi seputar Stuck Recovery Setelah Update Android Pie di Redmi Note 5 'Whyred'. Kesimpulannya adalah jika ponsel kalian merupakan manufaktur China dan belum UBL maka jangan sesekali melakukan update ROM Android Pie. Semoga artikel ini bermanfaat, bye!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel