Widget HTML Atas

Apa Arti Dm, Pm dan Japri? Berikut Penjelasannya

Apa Arti Dm, Pm dan Japri? Berikut Penjelasannya
Arti Dm, Pm dan Japri ⏩👉 Kalian pasti sering mendengar istilah-istilah tersebut. Nah biasanya istilah atau bahasa gaul seperti itu sering ditemukan di sosial media entah itu Twitter, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Pengen tau Arti dari Dm, Pm dan Japri? Baca artikel ini sampai selesai. 😘

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat tak terkecuali jejaring sosial media. Perkembangan yang semakin maju tersebut sedikit demi sedikit mengubah tatanan kebiasaan orang-orang atau pengguna sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya.

Jaman sekarang banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktu mereka di internet alias sosmed. Sampai-sampai percakapan/ngobrol, jualan, nego harga sudah biasa dilakukan melalui internet. Hingga muncul istilah-istilah baru yang bagi orang awam agak sulit memahaminya.

Istilah itu seperti singkatan DM, PM dan Japri. Contoh yang sering ditemui seperti ini.

Ada sesorang misalnya di Facebook sedang jualan atau promosi barang. Lalu ada kalimat "Minat PM aja", ada juga seperti ini "Sering Japri aja bosku" dan "DM Aja". Apa arti dari kalimat tersebut?


Arti Dm, Pm dan Japri

  • DM adalah singkatan dari kata "Dirrect Message" yang berarti Pesan Langsung atau pesan yang dikirim secara langsung ke penerima. Istilah ini sering dijumpai pada platform Twitter dan Instagram.
  • PM adalah singkatan dari kata "Personal Message" memiliki arti Pesan Personal atau maknanya kurang lebih sama seperti DM yaitu pesan yang dikirim secara personal ke penerima. Biasanya istilah ini sering dipakai oleh penjual online yang melakukan promosi melalui sosmed seperti Facebook.
  • JAPRI adalah singkatan dari kata "Jalur Pribadi" memiliki arti kurang lebih seperti istilah sebelumnya. Jika sebelumnya frasa kata memakai bahasa inggris maka Japri menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga menjadi kalimat lokal untuk menyebut PM atau DM.

Arti Dm, Pm dan Japri di Whatsapp

Arti DM, PM dan Japri di platform Wa sebenarnya memiliki arti yang sama seperti pada umumnya. Namun khusus di Wa ketika berbalasa pesan chat biasa disebut dengan istilah PC (Personal Chat) atau Japri seperti yang dijelaskan sebelumya. Apabila kalian melihat seseorang meminta untuk DM atau PM dan menyebutkan nomor hp, yang berarti itu nomor Whatsapp. Artinya kamu diminta untuk Japri melalui nomor wa tersebut. Sampai disini paham kan ya maksudnya. hehe..

Arti Dm, Pm dan Japri di Facebook

Sedangkan jika di Facebook (fb) untuk melakukan DM, PM atau Japri melalui Messenger yang merupakan aplikasi pesan instan semacam Wa. Dahulu fitur itu jadi satu dengan Facebook namun seiring berjalannya waktu dipisah untuk mendapatkan pengalaman dan fitur yang lebih baik.

Jika di Messenger istilah lainya yaitu Inbox. Contohnya nih ada seseorang di Fb bilang :
Inbox saja ya say 😘
Artinya kamu diminta untuk Dm secara personal melalui messenger. Hal tersebut juga berlaku dengan istilah-istilah bahasa gaul lain. Ya intinya sama-sama diminta untuk mengirim pesan chat secara pribadi, gitu aja.


Arti Dm, Pm dan Japri di Twitter

Jika kamu pengguna Twitter pasti sudah tidak asing dengan istilah DM, karena sejatinya istilah tersebut awal populer dari Twitter. Untuk menemukan menu DM di Twitter terutama bagi pengguna mobile berada di bagian pojok kanan bawah dengan logo surat.

Arti Dm, Pm dan Japri di Instagram

Arti DM di Instagran sebenarnya juga sama seperti sebelumnya yaitu untuk mengirim pesan secara personal. Namu di Instagram berbeda dari sebelum-sebelumnya, dimana kamu bisa menggunakan DM di IG untuk mengirim pesan seperti biasa, mebalas instastory, membagikan postingan ke orang lain, mengirim foto dan masih banyak lagi.

Untuk menemukan DM di Insatgram berada di pojok kanan atas dengan logo pesawat kertas. Selain itu juga bisa dibuka dengan slide atau menggeser layar ponsel dari kanan ke kiri. Keren bukan..

Lihat Juga :

Akhir Kata

Jadi itulah Arti dari istilah Dm, Pm dan Japri yang harus kamu ketahui di sosial media. Sekarang sudah paham kan, jangan bingung lagi ya. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

Post a comment for "Apa Arti Dm, Pm dan Japri? Berikut Penjelasannya"