Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong di Hp Android

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong di Hp Android

Bagaimana solusi dan cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong? Kondisi dimana memori internal pada suatu hp/smartphone menjadi penuh memang sangat menyebalkan. Akibatnya hp tidak dapat dipakai secara optimal, oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan dan perlakuan khusus agar masalah tersebut teratasi.

Sebagai seorang penjaga konter kawakan pasti sudah tidak jarang menemukan kondisi ho pelanggan yang mengalami memori yang penuh padahal masih kosong. Kondisi semacam ini biasa terjadi di hp merek samsung j2 prime, xiaomi redmi, oppo a3s a37 dan merk android lainnya.

Penyebab masalah seperti itu dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari umur hp Android yang sudah tua (versi lama), memori bermasalah atau hp yang eror.

Biasanya untuk mengatasi masalah memori internal penuh di Hp Android, admin Denpono melakukan beberapa trik dan cara seperti di bawah ini.

7 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong di Hp Android

Memorin Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Di sini saya akan menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi masalah memori internal tersebut , mulai dari yang paling mudah hingga bisa dikatakan sulit dan perlu bantuan orang lain. Cara tersebut antara lain :

1. Menghapus Foto dan Gambar yang Tersimpan

Sebenarnya ini merupakan langkah mudah dan bisa dilakukan oleh semua pengguna hp/smartphone. Tetapi nyatanya masih banyak pengguna yang masih abai untuk membersihkan foto atau gambar yang sudah tidak terpakai hingga tidak terasa memori internal menjadi penuh.

Biasanya ada 2 jenis pengguna terkait masalah simpan-menyimpan gambar. Pertama adalah seseorang yang selalu merapikan foto, gambar, folder, file dll selalu rapi bersih dan tertata. Lalu yang kedua adalah seorang penimbun, coba sekarang buka galeri hp kalian. Ada berapa ratus atau ribu gambar foto di dalam galeri/ folder screenshot. Jika sudah menumpuk sudah saatnya kalian membersihkannya.

2. Menghapus Cache Aplikasi

Secara sederhana Cache merupaka data semetara dari suatu aplikasi yang terpasang di hp Android. Data sementara ini memang sangat berguna sekali agar aplikasi berjalan lebih lancar.

Namun apabila sudah terlalu lama maka bisa menimbulkan masalah, yaitu memori internal yang semakin penuh. Salah satu penyebabnya ya si cache ini yang kian menumpuk seiring waktu.

Oleh karena itu perlu dilakukan pemberishan dengan cara seperti berikut :

  • Buka pengaturan / setting di hp Android
  • Setelah itu cari menu Aplikasi
  • Lalu pilih penyimpanan, dan pilih Hapus cache
  • Ulangi langkah-langkah di atas apabila menghapus cache dari 1 aplikasi dirasa masih kurang

3. Menghapus Data Aplikasi

Selain Cache, aplikasi yang terpasang di hp Android akan menyimpan data. Nah data inilah yang semakin lama dibiarkan akan menumpuk dan akhirnya membuat memori internal jadi penuh.

Dampaknya kinerja hp menurun bahkan tidak dapat install aplikasi lagi dengan pesan error “Ruang penyimpanan tidak memadai, atau tidak cukup ruang penyimpanan”.

Cara membersihkan data dari satu aplikasi sangatlah mudah, sama seperti membersihkan cache. Pengguna cukup masuk ke pengaturan, aplikasi, lalu cari nama aplikasi yang ingin dihapus data.

4. Copot Aplikasi yang Jarang Dipakai

Seringkali pengguna Android tidak sadar telah memasang lumayan banyak aplikasi yang sebetulnya jarang dipakai. Selain membuat tampilan layar Hp menjadi penuh, hal tersebut juga akan berdampak  “Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong”.

Maka dari itu perlu dilakukan uninstall atau copot pemasangan beberapa aplikasi yang memang jarang dipakai atau kurang berguna. Caranya sangat mudah, cukup tekan dan tahan aplikasi maka akan muncul opsi uninstall. Atau bisa juga dengan masuk ke Pengaturan ➝ Aplikasi lalu cari aplikasi yang ingin dicopot.

5. Hapus Pembaruan Aplikasi Google

Biasanya di setiap hp android pasti akan ada aplikasi bawaan dari google yang terpasang. Aplikasi bawan google tersebut sering kali update secara otomatis dan memakan banyak memori internal sehingga membuat kapasitas menjadi penuh.

Aplikasi bawaan Google tersebut antara lain :

  • Chrome
  • Playmusic, playgame, playbook
  • Drive
  • Meet
  • Maps

Jika ada beberapa diantara aplikasi di atas yang jarang kalian pakai. Lebih baik hapus saja pembaruan update untuk menghemat ruang penyimpanan. Kalau perlu di non-aktifkan sekalian, caranya sebagai berikut : 

Hapus Pembaruan Aplikasi Google

  • Buka pengaturan, masuk ke opsi Aplikasi
  • Cari aplikasi google seperti yang disebutkan di atas
  • Setelah itu pilih opsi uninstall, maka aplikasi akan kembali ke setelan pabrik
  • Opsoinal, setelah itu kalian bisa pilih Nonaktifkan

6. Pindahkan Data Aplikasi dari Internal ke Eksternal (SD Card)

Secara default setiap aplikasi yang terpasang di hp Android akan disimpan di memori internal. Dari beberapa aplikasi tersebut dapat dipindahkan ke memori eksternal atau SD card. Jadi dengan demikian menjadi salah satu solusi Cara Mengatasi Memori Internal Penuh. 

mengatasi memori internal penuh dengan cara memindahkan data ke memori eksternal

Cara memindahkan data aplikasi dari memori internal ke sd card dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi AppMgr III (App 2 SD). Cara penggunaanya sangat mudah, kalian cukup install aplikasi tersebut dari Google Playstore lalu buka, maka akan terlihat aplikasi yang dapat dipindah ke momori external.

7. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh dengan Aplikasi Pembersih

Beberapa aplikasi yang akan saya jelaskan ini tidak sepenuhnya membuat memori internal menjadi kosong kembali. Tetapi dengan penggunaan rutin akan membuat memori internal di hp Android tidak cepat penuh. 

aplikasi pembersih memori internal penuh

Aplikasi pembersih yang bisa dipakai misalnya CC Cleaner dan bisa diunduh secara gratis. Beberapa merek hp android jaman sekarang biasanya juga sudah dibekali dengan fitur cleaner secara default. Sehingga pengguna cukup pakai aplikasi tersebut secara rutin misal 3 hari sekali untuk membersihkan Cache dan sampah lain yang membuat memori internal penuh.

Penggunaan secara rutin akan sangat terasa manfaatnya daripada dipakai 1 kali  dan jarang.

Lihat Juga :

*) Tambahan : Apabila 7 cara di atas tidak menyelesaikan masalah, maka jalan terakhir yaitu dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik (reset ulang/flash)

Akhir Kata

Jadi seperti itulah 7 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong di Hp Android. Apabila kalian pengguna Samsung J2 prime, Oppo a3s a37 atau sejenisnya sebaiknya ketahui cara di atas, karena memori internal penuh padahal masih kosong seperti sudah menjadi penyakit dan sering muncul.

Post a comment for "7 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong di Hp Android"