Mudah! Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti di Hp Android

Denpono.com - Solusi jitu dan mudah untuk mengatasi masalah "Sayangnya com.google.process.gapps Telah Berhenti" atau dalam bahasa inggris "com.google.process.gapps has stopped".

Mudah! Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti di Hp Android
Jadi singkat cerita saya ada konter pulsa di kampung dan beberapa waktu yang lalu ada seorang pelanggan datang dengan membawa hp android dengan permasalahan seperti di atas. Jadi selalu muncul pesan tersebut dan hal ini sangatlah mengganggu karena membuat hp tidak bisa digunakan sama sekali.

Setelah saya telusuri masalah com.google.process.gapps Telah Berhenti sudah kerap kali terjadi pada smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan dan hp android umumnya. Jika dilihat dari isi pesan yang muncul menandakan ada aplikasi Android baik itu bawaan atau pihak ketiga yang mengalami error.

Selain pesan error tersebut ada juga pesan error lain yang hampir serupa yaitu "Unfortunately Aplication Has Stopped" jika di artikan ke bahasa Indonesia berarti Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti.

Bagaimana Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti di Hp Android? - Jika kalian yang membaca artikel ini saya tebak pasti sedang mencari cara untuk memperbaikinya. Nah tepat sekali karena di artikel ini Denpono.com akan memberikan cara dan panduan mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Restart atau Reboot Ponsel Android

Hal pertama yang bisa dilakukan jika menemukan pesan error di Android yaitu dengan Restart ulang Hp Android. Pada beberapa kasus cara ini sangat efektif sehingga layak untuk dicoba terlebih dahulu.

Pada kasus yang saya ceritakan pada awal artikel diatas, tindakan pertama ini tidak menimbulkan efek apapun. Kemudian saya putuskan untuk mencoba cara lain, yaitu Clear Data Google Play Service.

2. Clear Data Google Play Service

Sistem operasi Android merupakan produk dari Google, sehingga apabila terjadi pesan error seperti com.google.process.gapps Telah Berhenti cara untuk mengatasinya bisa dengan cara menghapus data dari Google Play Service.

Caranya sangat mudah, kalian masuk ke pengaturan di Hp Android > Manager Aplikasi > cari Google Play Service > kemudian tap "Paksa Berhenti" > Hapus semua data. Terakhir kalian bisa restart ulang Hp Android agar kembali normal.


3. Factory Reset

Selanjutnya apabila cara kedua masih belum bisa mengatasi masalah com.google.process.gapps Telah Berhenti maka cara lain yang bisa dilakukan adalah melakukan Factory Reset atau Pengaturan Pabrik. Namun seperti namanya, apabila melakukan cara ini semua data yang ada di dalam Hp Android akan terhapus sehingga kalian perlu melakukan Backup terlebih dahulu.

Walaupun membuat semua data hilang dan kembali seperti ke pengaturan pabrikan, Reset seperti ini sangatlah ampuh untuk mengatasi masalah semacam ini. Tetapi jika error masih terjadi itu artinya kalian perlu melakukan lebih dari hanya sekedar Factory Reset yaitu Flash Rom Android.

4. Flash Rom Android

Cara terakhir adalah Flash Android, yaitu dengan menginstall ulang semua file sistem operasi Android sehingga semua akan kembali dengan normal kembali. Sama seperti Factory Reset cara ini juga akan membuat semua data dihapus sehingga kalian perlu melakukan Backup terhadap data-data yang dianggap penting.

Selain itu perlu ada biaya tambahan untuk melakukan Flash Rom Android sekitar 50 - 100 ribuan. Dengan cara ini saya jamin masalah com.google.process.gapps Terhenti akan teratasi.


Kesimpulan

Dari 4 cara yang sudah saya jelaskan di atas kalian perlu mencobanya secara urut. Mulai dari :
  • Restart Android
  • Clear Data
  • Factory Reset
  • Flash Android

Sedangkan kasus yang saya ceritakan di awal artikel berhasil teratasi dengan cara ke 3 (Factory Reset). Sekian artikel Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti di Hp Android, semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih

Baca Juga :

0 Response to "Mudah! Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti di Hp Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel