Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet

Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet

Setiap orang di era modern saat ini tak bisa lepas dari teknologi Smartphone, peralatan elektronik berukuran kecil yang memiliki segudang manfaat jika memaksimalkan penggunaannya dengan baik dan benar. Dipasaran, Smartphone sangat beragama dari berbagai jenis, tipe, dan brand. Mulai dari harga yang murah sampai yang mahal semua ada. Tetapi semua itu kalau tidak dibarengi dengan perawatan atau pola penggunaan yang baik akan menjadi rugi karena Smartphone menjadi cepat rusak.

Pada artikel ini Denpono Blog akan berbagi tips merawat Smartphone agar tetap awet.

1. Gunakan Case

Jika sobat sering melakukan aktifitas di luar ruangan atau sering bergerak alangkah baiknya Smartphonenya dipakaikan Case. Selain bisa mempercantik dengan memakai custom case yang di jual di konter-konter atau toko online, penggunaan Case untuk Smartphone bisa mengurangi efek ketika tak sengaja terjatuh.

Dengan menggunakan Case untuk Smartphone Android dan Iphone seperti yang dijelaskan di atas, ternyata juga mampu mengurangi efek licin dari Smartphone pada umumnya. Akan tetapi apabila sobat memiliki aktifitas yang tidak terlalu aktif alias pasif, penggunaan Case ini bisa dilewati atau boleh memakai boleh tidak. Karena pada dasarnya itu semua tergantung selera masing-masing pengguna.

Baca Juga :
Panduan Membuat Mockup Custom Case Step by Step
Download File Mockup PSD untuk Jualan Custom Case


2. Gunakan Tempered Glass

Layar merupakan salah satu komponen vital pada suatu Smartphone, disanalah segala aktifitas dikerjakan. Mulai dari bersosial media, menonton youtube, chattingan dan lain sebagainya. Oleh karena itu agar layar Smartphone terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya dipasang Tempered Glass sebagai pengamanan.

Memang ada juga layar Smartphone Android / Iphone yang sudah dilapisi dengan pengamanan Corning Gorilla Glass, tetapi itu tidak semua, artinya banyak yang masih tanpa pengaman.

Harga Tempered Glass saat ini sudah sangat terjangkau, bahkan yang kualitas standard dengan harga 15 ribu pun ada. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memasangnya. Tetapi ujung-ujungnya tergantung selera ya sob, ada yang suka pakai ada juga yang tidak. Resiko ditanggung masing-masing pengguna.


3. Jangan Gunakan Saat Mengisi Daya

Ketika sedang mengisi daya itu artinya terjadi aliran listrik menuju Smartphone, arus listrik sendiri bisa menimbulkan panas. Nah, agar Smartphone tidak mengalami Overheat maka lebih baik jangan gunakan ketika sedang mengisi daya, apalagi buat main game.

Selain Overheat, tentu jika kebiasaan buruk ini dilakukan setiap hari maka akan berdampak kepada daya tahan baterai. Kemudian hal buruk lain yang kemungkinan bisa terjadi adalah Smartphone meledak.


4. Perhatikan Kondisi Baterai

Pada poin ini saya mengacu pada salah satu artikel yang pernah terbit di laman kompas tekno. Disana menyebutkan bahwa agar kondisi baterai pada suatu smartphone, baik itu Android maupun Iphone agar tetap dalam kondisi baik perlu perlakuan khusus.

Contohnya adalah jangan biarkan kondisi baterai dalam kondisi kosong 0%. Jika kondisi ini sering dilakukan maka daya tahan baterai perlahan akan menurun.

Kemudian jangan pula menempatkan Smartphone pada suhu ruang yang dingin ataupun panas. Kedua kondisi suhu ini akan membuat baterai kamu cepat habis.

Agar kondisi kesehatan baterai tetap terjaga dengan baik, usahakan untuk mulai mengisi daya jika persentase baterai tinggal 30 atau 40an %.


5. Matikan Daya Saat Tidak Digunakan

Jika manusia perlu tidur / istirahat dan komputer perlu  restart maka hal ini juga berlaku untuk Smartphone. Ya walaupun kita ketahui sendiri bahwa Smartphone bisa terus dalam kondisi On lebih dari 1 minggu. Tetapi alangkah baiknya agar melakukan restart paling tidak 2 hari sekali, atau bisa juga dengan mematikan Smartphone pada saat jam malam / jam tidur dan menghidupkan kembali pada waktu subuh.

Hal ini kalau dilakukan setiap hari tentu akan berdampak positif untuk Smartphone dan tentu untuk kesehatan sobat sendiri, karena bisa mengurangi efek radiasi ketika sobat tidur ditemani dengan Smartphone.

Apabila sobat memakai Smartphone Xiaomi tentu untuk melakukan penjadwalan Hidup/Mati ini sangat mudah karena sudah disediakan fitur khusus disana.

Baca Juga : Beberapa Fitur Smartphone Xiaomi yang Jarang Diketahui Tetapi Sangat Bermanfaat


6.Bersihkan Sampah Smartphone

Smartphone Android maupun Iphone jika sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu akan menimbulkan berkas sampah. Jika berkas sampah ini terus dibiarkan lama kelamaan akan menumpuk dan memakan banyak penyimpanan.

Agar sampah ini tidak terus menumpuk perlu dilakukan pembersihan secara rutin dan berkala, aplikasi yang bisa digunakan misalnya adalah Google Files. Sebuah aplikasi yang memang rilis oleh Google untuk membersihkan sampah digital yang menumpuk.


Itulah sedikit pembahasan dari Denpono Blog seputar Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet. 6 poin yang sudah dipaparkan diatas merupakan hasil dari pengalaman pribadi Admin serta dirangkum dari beberapa sumber yang kredibel.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Cara Merawat Smartphone Android dan Iphone Agar Tetap Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel