Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Mengenal Fungsi e Card Jenius BTPN yang Harus Diketahui

Mengenal Fungsi e Card Jenius BTPN

Mengenal fungsi e card jenius BTPN lebih jauh, seperti kegunaannya, cara pakai, bunga dan lain sebagainya. Bagi pengguna atau nasabah dari Jenius tentu sudah tidak asing dengan istilah ini, karena secara gamblang terdapat menunya di dalam aplikasi. Namun pasti banyak di ataranya masih belum paham kegunaan dari kartu e-card ini.

Jenius merupakan digital banking dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Disebut digital dikarenakan seluruh proses mulai dari pembukaan rekening, transaksi keuangan, ganti kartu dan lainnya dilakukan secara digital alias online.

Sama seperti rekening bank pada umumnya, kita akan diberikan kartu debit (VISA/GPN) yang dapat dipakai di mesin ATM. Namun selain itu ada fitur lain yang namanya e-Card, dimana ini merupakan kartu debit elektronik.

Apa itu e Card Jenius?

e-Card adalah kartu debit elektronik (non-fisik) yang diberikan untuk nasabah jenius. Jadi selain mempunyai kartu debit dalam bentuk fisik, kalian akan diberikan tambahan dalam bentuk elektronik.

Sama seperti versi kartu fisik, e-card ini juga mempunyai data penting dan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh siapapun kecuali pemilik kartu itu sendiri. Data tersebut seperti Nomor Kartu, masa berlaku dan kode Cvv.

Jenis e-card Jenius yaitu VISA, jadi dapat dipergunakan di seluruh Negara. Bagi yang belum tau, VISA merupakan provider jasa keuangan yang memungkinkan penggunanya melakukan semua transaksi pada semua merchant di mancanegara.

Lihat Juga :

Fungsi e Card Jenius

Fungsi e Card Jenius

Berbicara mengenai fungsi dan kegunaan dari e-card jenius atau kartu debit elektronik. Tentu fungsi utamanya yaitu untuk melakukan semua transaksi pada ecommerce dan merchant yang menggunakan kartu debit sebagai alat pembayarannya.

Berapa Fungsi atau Kegunaan dari e-Card Jenius antara lain :

  1. Menjadi metode pembayaran di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan ecommerce yang mendukung pembayaran dengan kartu debit VISA
  2. Metode pembayaran di e-wallet seperti Dana dan Ovo
  3. Untuk transfer uang dengan aplikasi OY!
  4. Berlangganan Netflix, iTunes, Spotify dan lain sebagainya

Cara Menggunakan e Card Jenius BTPN

Bagi yang ingin menggunakan debit card elektronik Jenius, misalnya untuk berlangganan Netfix. Silahkan ikuti panduan berikut ini :

  • Silahkan lakukan transaksi hingga diminta untuk memasukkan data kartu debit
  • Setelah itu buka aplikasi Jenius
  • Pilih menu Card Center > e-card
  • Pastikan saldo sudah mencukupi, jika kurang tap menu “Top Up”
  • Untuk melihat nomor kartu dan CVV, tap menu “Lihat Kode CVV”
  • Masukkan password dan akan terlihat detail nomor kartu, masa berlaku dan cvv 
  • Masukkan data tersebut ke merchant tempat transaksi (misalnya Netflix)
  • Terakhir masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor hp pemilik kartu
  • Transaksi berhasil
cara menggunakan e-card jenius

Penting untuk diketahui, kebijakan VISA yang baru. Pastikan saldo di dalam e-card kalian sudah mencukupi. Karena apabila kurang dari jumlah transaksi akan dikenakan denda 5rb setiap percobaan pembayaran yang gagal.

Gagal di sini maksudnya saldo kurang dari jumlah yang harus dibayarkan. Denda tersebut akan langsung memotong saldo yang aktif, jadi perhatikan baik-baik.

Lihat Juga :

Tips Penggunaan e Card Jenius BTPN

Karena maraknya pembobolan kartu debit, maka e-card memang bisa menjadi solusi. Akan tetapi masih tetap berbahaya juga jika kalian tipe orang yang teledor. Supaya akun jenius dan debit card elektronik aman, silahkan perhatikan tips berikut ini.

  • Pastikan menggunakannya di merchant yang aman
  • Top Up saldo e-card ketika akan digunakan saja
  • Tidak sembarangan memperlihatkan identitas e-card ke orang lain
  • Rahasiakan kode OTP walupun kalian tidak melakukan request apapun
  • Jika e-card bermasalah jangan meminta bantuan kepada sembarang orang
  • Blokir e Card jenius yang bermasalah atau jika sudah tidak dipakai
  • Buat e Card yang baru jika diperlukan

Akhir Kata

Seperti itulah penjelasan lengkap tentang fungsi e card Jenius BTPN. Semoga dengan artikel yang admin tulis di atas dapat lebih dalam memperkenalkan fitur tersebut kepada pengguna Jenius. Selain itu harapannya juga menjadi tambahan wawasan pengetahuan mengenai kartu debit.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi e Card Jenius BTPN yang Harus Diketahui"