Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengalaman Beli HP Online di Shopee dan Tokopedia

Pengalaman Beli HP Online

Berbagi pengalaman beli HP Online di Shopee dan Tokopedia - Pada kesempatan kali ini admin DP akan membagikan pengalaman tersebut. Mulai dari cara mencari harga terbaik, diskon, cara memilih toko yang aman dan masih banyak lagi. Oleh karena itu bagi yang saat ini sedang berniat ingin membeli handphone baru secara online, baca artikel ini sampai selesai agar kalian tidak menyesal karena salah beli.

Berbicara tentang jual beli secara online memang sangat penting selalu berhati-hati dan cermat dalam menentukan mau membeli dimana. Karena tak bisa dihindari modus penipuan dengan cara pura -pura menjual barang yang palsu atau rekondisi marak terjadi.

Apalagi dengan  HP, ada banyak sekali orang yang berjualan produk tersebut secara online di ecommerce seperti Shopee dan Tokopedia. Namun membeli barang, terutama HP secara online tidak semudah seperti membeli di gerai atau konter hp. Dimana kita sebagai calon pembeli dapat melihat secara fisik dan mengecek barang ditempat. Karena itulah di sini akan dibagikan pengalaman admin selama membeli barang secara online.

Pengalaman Beli HP secara Online

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, lebih baik beli hp online atau langsung ke konter? dan jawaban dari pertanyaan tersebut relatif dan tergantung dari hp apa yang akan dibeli.

Admin DP sendiri sudah beberapa kali membeli HP secara online di market place seperti Tokopedia dan Shopee. Dari semua pembelian tersebut tidak ada yang mengecewakan atau diterima dengan kondisi baik sesuai deskipsi produk. Ini contoh riwayat pembelian hp secara online yang sudah admin lakukan di Shopee dan Tokopedia

Pengalaman Beli HP secara Online

≫ Kenapa Harus Beli HP Online

Jika kalian merupakan sesorang yang mengikuti perkembangan teknologi dan merupakan gadget enthusiast. Ditambah sangat familiar dengan ecommerce tentu membeli handphone dengan cara online akan sangat mudah dilakukan. Beberapa alasan kenapa harus membeli hp secara online antara lain :

  • Mengetahui detail handphone yang ingin dibeli
  • Mengetahui harga pasaran hp
  • Paham cara menjelajahi produk ecommerce
  • Ingin mendapatkan harga yang lebih murah dari harga jual offline
  • Ingin mendapatkan bonus cashback

≫ Kenapa Jangan Beli HP Secara Online

Akan tetapi jika kalian merupakan seseorang yang tidak begitu paham tentang gadget, hanphone dan ruang lingkupnya. Ditambah belum pernah membeli peralatan elektronik secara online dan belum paham mencari penjual atau toko yang aman di shopee maupun tokopedia. Sebaiknya urungkan niat untuk membeli handphone dengan cara online daripada tidak sesuai aspektasi.

Atau jika tetap berniat ingin beli secara online karena harga jual offline atau langsung memiliki selisih harga yang lebih mahal. Sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari beberapa tips di bawah ini.

Tips Mencari Toko HP yang Aman di Shopee dan Tokopedia

Silahkan ikuti beberapa tips berikut ini berikut ini agar proses pembelian handphone online di Tokopedia atau Shopee berjalan dengan lancar dan sesuai espektasi.

≫ Cari berdasarkan rating

Pada aplikasi Tokopedia dan Shopee menerapkan sistem rating sebagai tanda tingkat kepusan dari pembeli.  Ketika proses pencarian maka akan disuguhkan banyak hasil dari berbagi penjual dengan variasi rating dan harga.

Contohnya seperti di bawah ini, admin mencari dengan kata kunci "Samsung a11". Baik di Tokopedia dan Shopee akan menampilkan secara sekilas rating penjualannya.

rating penjualan hp online marketplace

Silahkan kalian cek satu per satu setiap produk yang mempunyai rating bintang di atas 4. Bandingkan satu dengan yang lain, baik dari segi komentar rating dan harganya.

≫ Mempunyai harga yang wajar

Maksud dari harga yang wajar yaitu harga yang ditawarkan tidak murah maupun mahal. Umumnya harga normal suatu hp yang dijual tidak akan jauh berbeda antar penjual. Perbedaan harga antar penjual biasanya merupakan strategi merketing saja, misalnya harga sedikit diturukan atau dinaikkan tetapi ada bonus seperti Softcase dan aksesoris atau yang lainnya.

Mempunyai harga yang wajar

Misal seperti gambar di atas, selain harga yang sangat tidak wajar. Rating juga tidak ada, ditambah penjualannya hanya 1 unit saja. Jadi lebih baik cari yang mempunyai harga yang normal dengan rating + penjualannya masuk akal.

≫ Reputasi Penjual atau Toko

Setelah mengatahui rating dan harga produk yang akan dibeli. Langkah terakhir adalah memastikan apakah toko atau penjual HP memiliki reputasi yang baik.

Bagaimana cara mengetahui reputasi suatu penjual atau toko hp yang menjual hp agar bisa menyakikan kita untuk membeli di sana.

Untuk di Shopee ada label indikator yang bisa menjadi patokan, yaitu  : Shopee Mall dan Star atau Star+. Sedangkan di Tokopedia indikator toko bisa melihat logo Power Merchant atau Official Store.

Lihat Juga :

Daftar Toko HP Online Terpercaya

Berdasarkan beberapa tips di atas maka dapat disimpulkan rekomendasi toko hp online terpercaya baik di tokopedia maupun shopee yaitu sebagai berikut :

Rekomendasi Toko HP Online Terpercaya di Tokopedia dan Shopee

  1. Official store dari Brand HP
  2. Celullar Mas
  3. Pluto Sellular
  4. Kreasindo Online
  5. Grandstore Cell
  6. 7eveshop
  7. Oceanic

Semua nama toko di atas hanya rekomendasi saja, pilihan kembali kepada kalian dan yang terpenting adalah ratingnya. Nah beberapa dari daftar di atas juga sudah direkomendasikan oleh GadgetIn dalam video di bawah ini.

Akhir Kata

Demikian pengalaman beli hp online di shopee dan tokopedia yang bisa admin bagikan kepada kalian. Berdasarkan penjelasan di atas ketika akan berbelanja barang khusunya handphone sebaiknya mengetatahui tips dan rekomendasi penjual agar terkhindar dari modus penipuan. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa kembali.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Beli HP Online di Shopee dan Tokopedia"