Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengalaman Beli Laptop Lenovo ThinkPad X240 Bekas di Tokopedia

Pengalaman Beli Laptop Lenovo ThinkPad X240 Bekas

Lenovo ThinkPad X240 merupakan laptop bekas pertama mimin denpono yang dibeli secara online dari ecommerce Tokopedia. Sebelumnya saya sudah menjeskan pengalaman membeli laptop di shopee. Nah dalam kempatan ini pengalaman lain yang akan dibagikan yaitu ketika membeli laptop bekas.

Jadi ceritanya waktu itu laptop yang biasa dipakai untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari error dan peformanya sudah menurun. Karena intensitas dan pekerjaan yang semakin padat maka diputuskanlah untuk membeli unit laptop tambahan untuk menunjang itu semua.

Namun bukanlah produk baru, melainkan laptop bekas bernama Thinkpad seri X240. Ada beberapa alasan yang membuat kenapa admin Denpono akhirnya membeli unit ini bahkan bekas sekalipun. Penjelasan lengkapnya silahkan dibaca sampai selesai.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad x240

Berbicara mengenai Thinkpad x240 spec memang sangat tidak diragukan lagi. Secara singkat unit laptop yang saya beli secara online di marketplace Tokopedia memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Layar mungil tapi tidak kecil dengan ukuran 12.5” HD (1366 x 768)
  • Prosesor Intel Core i5-4300U
  • RAM 8GB DDR3L
  • Harddisk 500GB
  • Mendukung slot M.2 untuk SSD
  • Baterai jumbo

Sebenarnya masih ada banyak spek yang belum disebutkan di atas, namun cukup ini saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan admin DP. Ada beberapa alasan kenapa memilih loptop ini, nanti akan dijelaskan di bagian akhir.

Pengalaman Beli Laptop Bekas di Tokopedia

Awal mulanya dan alasan utama memutuskan membeli laptop bekas online di Tokopedia dikarenanakn laptop utama sedang kondisi kurang baik. Kemudian teringat teman mempunyai laptop yang tidak biasa dan bertuliskan “ThinkPad”.

Akhirnya melakukan riset dan bertanya kepada teman yang mempunyai laptop ThinkPad tepatnya seri X230. Setelah beberapa pertimbangan dan hasil menjelajah di internet termasuk Tokopedia tentunya.

Diputuskanlah unit laptop  yang dibeli yaitu Lenovo ThinkPad X240 dengan harga Rp 2.950.000. Spesifikasi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Beli Laptop Lenovo ThinkPad X240 Bekas di Tokopedia

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya paketan sampai ke rumah. Tanpa menunggu lama langsung dibuka dan diuji coba apakah semua bekerja sebagaimana mestinya atau tidak.

Dari hasi pengecekan didapatkan kesimpulan bahwa unit laptop yang saya terima merupakan produk ex Jepang. Hal ini terlihat jelas pada bentuk keyboard yang tidak biasa dan ditempel stiker. Jadi buat pembaca artikel ini yang juga ingin membeli laptop seken ThinkPad tanyakan dulu ke penjualnya. Apakah unit yang dijual ex internasional atau jepang.

Beli Lenovo ThinkPad X240 Bekas

Tetapi bagi saya sendiri (Admin Denpono) yang terpenting fungsi dan kondisinya baik tanpa cacat. Jadi tidak masalah walaupun yang diterima ex produk jepang.

Baca Juga :

Kenapa Harus Laptop Seri ThinkPad?

Ini merupakan penjelasan kenapa harus beli laptop thinkpad walaupun bekas sekalipun. Alasan paling utama dan sudah umum diketahui yaitu daya tahan atau ketangguhannya.

Namun jika diperhatikan betul-betul, coba bayangkan dengan budget kurang dari 3 juta. Jika dibelikan laptop baru dapat apa? Di artikel pengalaman beli laptop di shopee yang sudah dibahas kemarin saja dengan dana yang sama hanya kebeli laptop Lenovo Idepad 130.

Sekarang bandingkan dengan ThinkPad X240 atau seri yang lain, dengan budget uang kurang dari 3 juta sudah dapat spek Laptop yang mumpuni. Tentunya diatas spek laptop baru di rentang harga 3 jutaan.

Ditambah opsi untuk menambah SSD di slot M.2 yang tersedia di ThinkPad x240. Membuat laptop tambah wuss wuss sangat ringan dan nyaman untuk dipakai kerja multitasking dan menjalankan aplikasi berat.

Lihat Juga : Laptop Jadul Upgrade SSD, Bisa Main PUBG ?

Tips Membeli Laptop Bekas Online

  • Mengatahui detail produk yang akan dibeli
  • Mencari penjual atau toko yang mempunyai rating dan ulasan positif
  • Menanyakan detail produk ke penjual jika ada yang belum jelas
  • Jangan tergiur dengan harga tidak wajar
  • Prioritaskan membeli di ecommerce seperti Tokopedia
  • Jangan mau transaksi di luar sistem tokopedia
  • Jika paket sudah sampai, cek kondisinya dengan merekan video mulai dari unboxing hingga selesai

Akhir Kata

Itulah penjelasan pengalaman beli laptop Lenovo ThinkPad x240 Bekas di Tokopedia. Dari artikel di atas dapat disimpulkan bawah laptop bekas tidak selalu jelek dan ThinkPad adalah salah satu pilihan jika ingin membeli laptop bekas berkualitas.

Afif Efendi
Afif Efendi Blogger kampung yang mungkin juga kampungan. Penikmat kopi, kesunyian dan kenangan. Udah itu aja sih, bingung mau nulis apa lagi.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Beli Laptop Lenovo ThinkPad X240 Bekas di Tokopedia"