Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jika Tidak Membayar Kredivo, Begini Jadinya

Tidak Membayar Kredivo – pada kesempatan ini mimin akan membagikan informasi yang sangat penting yaitu berkaitan dengan dengan cicilan kredivo. Lebih tepatnya berkaitan dengan pengalaman telat bayar kredivo di artikel sebelumnya.

Tidak Membayar Kredivo

Jika pada tulisan sebelumnya kasusnya telat bayar, maka bagaimana jika kasus tidak membayar cicilan kredivo. Apa yang akan dialami dan resikonya, lebih lengkapnya silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Alasan tidak bayar

Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya diketahui terlebih dahulu kenapa seseorang bisa sampai tidak membayar suatu tagihan pinjaman online.

Secara ringkas ada beberapa alasan yang umum ditemukan, antara lain :

  • Tidak mempunyai uang untuk membayar cicilan
  • Telat Bayar hinggal denda menumpuk
  • Disengaja, misal diancam pihak Debt Collector

Namun perlu diketahui bahwa apapun alasannya, jika seseorang sudah melakukan pinjaman secara online dan pengajuannya disetujui. Maka wajib melakukan pembayaran tagihan rutin sesuai waktu yang telah ditentukan.

Jika tidak membayar cicilan pinjaman yang telah dilakukan, maka akan mendapatkan sanksi-sanksi yang tidak dapat dihindari.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Membayar Kredivo

Sama seperti penyedia layanan pinjaman online pada umumnya, setiap pengajuan yang disetujui maka akan ditetapkan tanggal jatuh tempo. Jika sengaja tidak melakukan pembayaran cicilan kredivo maka akan mendapat sanksi sebagai berikut :

1. Denda Semakin Meningkat

Di dalam agreement Kredivo dijelaskan bahwa apabila nasabah tidak dapat melakukan pembayaran maka akan dikenakan biaya keuangan sebesar 2.95% dari total saldo yang belum dilunasi. Ditambah bunga keterlambatan sebesar 3% dari saldo yang belum dilunasi.

Kebijakan bunga majemuk atau bunga berbunga dari Kredivo akan membuat jumlah tagihan yang harus dibayarkan semakin membengkak. Karena denda dan bunga bulan sebelumnya akan dikenakan denda+bunga lagi di bulan berikutnya.

2. Teror dari Debt Collector alias DC

Masih di dalam agreement Kredivo, dijelaskan bawah apabila nasabah tidak dapat melakukan pembayaran sebagaimana yang telah ditentukan. Kredivo akan melibatkan pihak ketiga dalam hal ini DC dalam upaya penagihan cicilan atau tagihan.

Jadi jangan heran jika nanti akan mendapatkan rentetan teror dari DC yang meresahkan. Baik melalui sambungan telepon ke semua nomor kontak di hp kamu atau kunjungan dari debt collector lapangan.

3. Credit Scoring Jelek

Credit Score secara gampangnya merupakan penilaian profil peminjam. Jadi apabila kasusnya tidak membayar tagihan kredivo maka akan membuat credit score menjadi buruk.

Lebih buruknya jika sampai terjadi BI Checking dimana kamu akan kesulitan mendapatkan persetujuan pinjaman di berbagai instansi keuangan.

Jadi kira-kira seperti itu gambaran secara umum apabila seseorang tidak membayar atau tidak bisa membayar cicilan dan tagihan Kredivo.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang kasus tidak membayar kredivo. Semoga tulisan sederhana ini bisa sedikit mencerahkan dan memberikan tambahan wawasan untuk pembaca. Saran dari mimin sebaiknya sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online pikirkan dengan matang. Agar hal buruk tidak terjadi dikemudian hari karena kurangnya pengetahuan kita terhadap sistem pinjol.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Writer, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Jika Tidak Membayar Kredivo, Begini Jadinya"