Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengalaman Telat Bayar Kredivo Terbaru 2021

Pada tulisan ini mimin Denpono akan berbagi pengalaman telat bayar kredivo terbaru yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Sehingga harapannya bisa memberikan tambahan wawasan dan informasi bagi pembaca yang saat ini sedang mengalami permasalahan yang sama.

Dalam artikel ini pula akan dijelaskan berapa denda telat bayar kredivo, baik itu 1 hari, 1 minggu, 1 bulan atau 2 bulan. Lalu kapan DC (Debt Collector) akan datang ke alamat kamu, selengkapnya silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengalaman Telat Bayar Kredivo Terbaru

Pengertian

Sebelum lebih jauh membahas, terlebih dahulu akan memin jelaskan apa pengertian dan maksud dari telat bayar kredivo itu sendiri.

Secara sederhana, istilah ini berarti ketidakmampuan seseorang (peminjam) melakukan pembayaran tagihan kredivo dalam kurun waktu tertentu. Atau membayar tagihan atau cicilan dari platform pinjaman online Kredivo melebihi tempo waktu yang sudah ditentukan.

Karena itu terjadi tentu akan timbul beberapa persoalan yang kan dihadapi. Mulai dari persoalan bunga hingga ke masalah DC atau Debt Collector yang meresahkan.

Bagaimana Jika Telat Bayar Kredivo?

Kejadian seperti ini merupakan sesuatu yang tidak diharapkan oleh semua peminjam. Hanya saja terkadang ekspektasi diluar kendali, jadi banyak di lapangan ditemui orang-orang yang telat melakukan pembayaran.

Berdasarkan pengalaman dan juga dari berbagai sumber yang berhasil mimin kumpulkan. Inilah beberapa resiko yang terjadi jika telat bayar tagihan Kredivo :

1. Akun Terblokir Sementara

Hal pertama yang akan kamu temukan apabila sampai tanggal jatuh tempo berakhir belum juga melakukan pembayaran. Maka akun Kredivo milikmu akan diblokir sementara dan baru akan dibuka serta bisa dipakai Kembali setelah pengguna melunasi semua tunggakan tagihannya.

2. Riwayat Kredit Menjadi Buruk

Selanjutnya adalah kaitannya dengan BI Checking, dimana Riwayat Kredit akan tercatat buruk. Apabila histori peminjaman kredit kamu sering terlambat tentu akan menurunkan skor BI Checking.

Apalagi sampai gagal bayar kredivo atau macet, tentu dampak terburuknya kamu akan diblacklist sehingga kesulitan bahkan tidak dapat lagi melakukan segala bentuk pinjaman di kemudian waktu. Hal ini berlaku baik itu di suatu Bank atau pihak lainnya.

3. Hutang Semakin Tinggi

Berikutnya apabila telat melakukan pembayaran yaitu semakin tinggi hutang yang kamu miliki. Kenapa bisa begitu? Sebab bunga keterlambatan seperti yang tertuang di dalam Kredivo Agreement menyatakanan sistem bunga majemuk (bunga berbunga) setiap bulannya.

Artinya semakin lama kamu telat bayar maka, bunga di bulan sebelumnya akan masuk dan digabungkan ke Pokok Pinjaman. Kemudian pokok pinjaman dan tambahan bunga tersebut akan dikenakan bunga lagi. Begitu seterusnya pada bulan-bulan selanjutnya, sehingga jumlah hutang akan semakin menggunung alis tinggi. Belum lagi ditambah dengan denda yang harus dibayarkan, jadi sebisa mungkin untuk segera melunasi tagihan yang terlambat agar tidak menjadi semakin tinggi.

4. Teror Debt Collector “DC” Meresahkan

Tak dapat dipungkiri bahwa Pinjaman Online (pinjol) tak bisa dipisahkan dengan peran DC ini. Pasalnya DC yang bertugas melakukan penagihan seringkali arogan dan bertindak dengan gaya premanisme, seperti yang dikeluhan salah satu nasabah kredivo di bawah ini :

Telat Bayar Debt collector Kredivo

Sumber : Media Konsumen (https://mediakonsumen.com/2021/04/24/surat-pembaca/teror-penagihan-tagihan-kredivo)

Selain DC lapangan, kamu juga akan mendapatkan panggilan telepon dari DC yang seringnya sangat meresahkan dan cenderung sangat mengganggu. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk membuat siklus pinjaman kamu tetap sehat agar jangan sampai terjadi telat pembayaran.

Denda Telat Bayar Kredivo Terbaru

Jika kamu mengalami keterlambatan pembayaran atau telat bayar kredivo beberapa hari, 1 bulan, 2 bulan atau lebih silahkan simak pernyataan di bawah ini.

Dalam Kredivo Agreement terkait Bunga dan Denda Keterlambatan disebutkan bahwa :

kredivo agreement

Berdasarkan gambar diatas dijelaskan ada 2 tipe denda, yaitu :

  • Bunga 2.95% dari saldo yang belum lunas
  • Denda keterlambatan 3% dari saldo yang belum lunas

Dengan kata lain denda 6% yang harus ditanggung apabila mengalami keterlambatan. Kemudian karena memakai “Bunga Majemuk” per 30 hari. Maka jumlah tagihan akan terus bertambah seiring waktu apabila tidak segera dilunasi.

Kemudian perlu diingat bahwa denda dihitung setiap 1 bulan (per bulan) bukan per hari. Jadi apabila kamu telat 1 hari atau 1 minggu itu dendanya akan sama.

Tetapi meskipun dihitung per bulan yang artinya kamu berhak untuk membayar kapan pun dalam 30 hari tersebut karena sudah ada dendanya. Namun nyatanya banyak pengguna yang sudah mendapatkan teror sebelum masa 30 hari tersebut berakhir seperti video di bawah ini.

Video Pengalaman Telat Bayar Kredivo Terbaru

Kapan Debt Collector Kredivo datang?

Petugas DC akan melakukan penagihan ke lapangan apabila peminjam tidak membayar dalam kurun waktu yang ditentukan (biasanya 3 bulan).

Namun meski apabila belum didatangi DC kamu tetap akan mendapatkan teror via telepon yang akan menghubungi nomor hp kamu tanpa henti. Bahkan ke nomor kerabat yang didaftarkan pada saat pengajuan.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang pengalaman telat bayar kredivo terbaru. Dari tulisan di atas jelas sekali apabila sampai telat membayar tagihan/cicilan dari kredivo selain jumlahnya akan semakin banyak. Juga akan dihubungi pihak DC secara terus menerus. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Pengalaman Telat Bayar Kredivo Terbaru 2021"