Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Bagaimana Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku? Ini yang Akan Terjadi!

Saat ini sudah banyak sekali istilah dompet online yang bisa membantu meminjamkan uang saat Anda tengah tidak ada biaya di tanggal tua, salah satunya adalah Akulaku. Namun bagaimana jika tidak membayar tagihan Akulaku ini yang akan terjadi?

Bagaimana Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku

Apakah Bisa Kabur dari Tagihan Akulaku?

Meminjam dana di Akulaku memang tergolong sangat mudah. Anda hanya cukup mengisikan data-data diri saja sesuai permintaan kemudian ajukan nominal pinjaman. Setelah itu tinggal tunggu beberapa jam, paling lama adalah 1 x 24 jam saja. Namun masalahnya adalah ketika akan membayar tagihannya.

Banyak orang sering merasa keberatan jika disuruh untuk membayar tagihan. Jika ditanya apakah bisa kabur dari tagihan Akulaku? Jawabannya sebenarnya antara bisa dan tidak. Jika memang Anda pintar dalam menghilangkan jejak maka bisa saja ada kemungkinan akan lolos dari para customer service.

Sebenarnya dari Akulaku maupun jenis penagihan lainnya ada batas waktu yakni 90 hari untuk menagih pembayaran kepada pelanggannya. Jika kontak dan alamat jelas, maka jawabannya tentu saja tidak. Dengan tenggat waktu hanya 90 hari jangan heran jika debt collector akan menagih semakin keras.

Apa Konsekuensi Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku?

Jika Anda sudah punya tagihan dengan berbagai jenis pinjaman online seperti halnya Akulaku, sikap yang baik adalah dengan tetap membayarkan tagihannya sesuaikan pada tenggat waktunya. Dengan begini Anda tidak perlu lagi merasa takut dan was-was akan ditagih oleh debt collector.

Namun semuanya tentu akan berbeda jika kondisinya Anda sedang tidak punya uang. Maka rasanya akan semakin was-was. Di Awal sudah ada perjanjian atas pembayaran tagihan dan konsekuensi jika tidak membayarkannya. Kemungkinan ada beberapa hal yang akan Anda alami.

  • Merasakan ditagih lewat berbagai media komunikasi baik online maupun tidak. Saat awal pendaftaran pinjaman atau pembelian Anda memang harus memberikan data-data seperti nomor hp dan whatsapp bahkan email juga. Ponsel Anda akan terus berbunyi setiap hari.
  • Kunjungan dari Debt Collector yang jelas akan mengganggu kenyamanan Anda ataupun lingkungan sekitar. Kunjungan ini akan semakin sering dan penegasannya juga semakin intens karena mereka juga diburu oleh waktu. Ada batasannya, jadi tidak bisa hanya santai saja.
  • Anda akan masuk di daftar hitam lembaga keuangan. Reputasi buruk ini jelas akan mempengaruhi catatan di sistem layanan informasi keuangan. Anda akan semakin sulit saat akan mengajukan pinjaman di tempat lain seperti koperasi dan Bank.
  • Kemungkinan terburuk jika tidak kunjung bisa membayar adalah dibawa ke jalur hukum. Utang piutang bisa sampai ke pidana juga. senjata ini pastinya akan dimanfaatkan dengan baik oleh pihak penyedia jasa pinjaman online. Jika merasa tidak sanggup lebih baik urungkan niatnya.

Beberapa Cara Mendapatkan Keringanan Tagihan

Banyak orang saat meminjam seringkali lupa dengan kemampuan sehingga sering khilaf. Hingga akhirnya saat sudah ada tagihan mereka merasa keberatan. Namun ada beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keringanan tagihan. Setidaknya cara ini membantu Anda bernafas.

Jika merasa tidak mampu membayar untuk bulan ini, dari jauh-jauh hari sebaiknya Anda sudah menghubungi customer service yang bertugas. Biasanya mereka akan memberikan keringanan, namun dengan syarat melakukan beberapa hal dulu sebagai jaminan bisa membayar pada tagihan selanjutnya.

Cara mengajukan relaksasi penundaan tagihan pada Akulaku:

  • Tidak punya tunggakan dana atau jenis hutang pinjaman lain sebelum tanggal tagihan tersebut berlangsung. Memiliki track record pembayaran yang baik juga menjadi jaminan pengajuan keringanan Anda bisa disetujui oleh pihak Akulaku.
  • Sebelumnya selalu memiliki riwayat yang baik dalam melakukan pembayaran. Tepat waktu, tidak pernah telat dari tempo yang sudah ditentukan. Dengan begitu Anda sudah membuktikan jika saat ini memang sedang bermasalah dan berat membagi penghasilan untuk tagihan.
  • Selain itu Akulaku juga sanggup memberikan keringanan pada orang-orang yang punya tagihan karena dampak dari Covid- 19. Diberhentikan dari pekerjaan, atau sulit mendapatkan pekerjaan, dan semacamnya. Berikan keterangan tersebut saat melakukan pengajuan keringanan.

Beberapa Pekerjaan yang Diberikan Keringanan oleh Akulaku

Saat ini program pengajuan relaksasi memang sangat membantu bagi beberapa kelompok, khususnya para pekerja yang diberhentikan karena Cvid- 19. Pengajuan dari mereka punya peluang lebih tinggi diterima oleh perusahaan. Dibawah ini adalah berbagai macam jenis pekerjaan yang dapat keringanan

  • Pekerja formal seperti orang-orang kantoran
  • Pengusaha mikro kecil menengah atau UMKM dan usaha rumahan
  • Usaha pariwisata yang saat ini sedang saat menurun omsetnya
  • Pekerja yang berpenghasilan jarian misalkan para ojek online
  • Industri rumah makan di destinasi wisata
  • Hotel dan jenis pelayanan lainnya yang serupa
  • EO yang sepi job karena pernikahan jarang dilakukan di musim pandemi
  • Bidang usaha atau industri lainnya yang terbukti terkena dampak dari Covid- 19
  • Kredit motor macet dan belum ada uang karena diberhentikan dari pekerjaan

Hal tersebut pastinya mempengaruhi penghasilan mereka. Jika bisa membuktikan jika semua itu dikarenakan Covid-19. Jika memang disetujui maka akan sangat membantu sekali dalam hal pengeluaran budget. Karena di musim seperti sekarang ini hemat jadi kunci utama.

Baca Juga :

Cara Mengajukan Keringanan Dengan Pihak Akulaku

Jika sudah merasa bulan ini tidak bisa bayar tagihan, lebih baik langsung saja hubungi customer service terdekat. Jangan lupa pastikan jika Anda sudah memenuhi persyaratan tertulis diatas. Dengan begitu pengajuan akan berhasil dan tidak perlu menunggu terlalu lama.

  • Hubungi Customer service terdekat. Pada aplikasi biasanya sudah tertera fitur chat dengan salah satu staf yang bertugas. Jika memang merasa kurang puas atas tanggapannya maka bisa langsung hubungi ke 1500920 atau Hotlinenya di 021-24112009 atau email juga bisa .
  • Setelah melakukan pengaduan maka Anda akan diberikan form pengajuan relaksasi penundaan pembayaran. Berkas dikirimkan melalui email, jadi pastikan sudah memberikan alamat yang pas. Jangan sampai ada salahnya.
  • Mengisikan Form relaksasi pengajuan relaksasi. Pada tahapan ini, harus mengisikan dengan permintaan data diri serta kelengkapan lainnya. Jangan terburu-buru karena tidak ada pengulangan. Isilah dengan jujur dan kirimkan ke Tim Customer Service beserta dokumen lain
  • Tinggal tunggu verifikasi saja.

Kesimpulan

Sebenarnya bisa saja untuk kabur dari penagih atau debt collector dan pihak Akulaku. Tinggal jangan buat secara jelas tentang alamat dan juga nomor telepon. Namun hal ini tentunya tidak dibenarkan baik secara moral dan hukum.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan saja. jangan sampai justru menyusahkan di akhirnya. Walaupun ada keringanan, namun biasanya bunga akan tetap berjalan setiap harinya.

Lihat Juga :

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan mengenai pinjaman online Akulaku. Sebenarnya mengajukan pinjaman di berbagai aplikasi seperti itu sah-sah saja, namun jika tidak disesuaikan dengan kemampuan justru akan membuat rugi. 

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku? Ini yang Akan Terjadi!"