Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

ShopeePinjam : Pengertian, Cara Mengaktifkan dan Simulai Pinjaman

ShopeePinjam : Pengertian, Cara Mengaktifkan dan Simulai Pinjaman

Apakah kalian sudah mengetahui ShopeePinjam alias SPinjam? Pinjaman uang atau dana online dari Shopee. Pada artikel ini saya akan membahas apa itu ShopeePinjam, Cara mengaktifkan dan simulasi pinjaman uang untuk pengguna (pembeli). Pada artikel ini juga akan dijelaskan berapa bunga dari pinjaman uang dari Shopee.

Beberapa waktu lalu saya ingin belanja di Shopee dan mendapati menu atau fitur yang baru pertama kali lihat, yaitu Shopee Pinjam. Setelah saya cari tahu ternyata memang Marketplace shopee sudah memberikan fitur ini sejak dulu tanpa saya ketahui. Wajar karena memang hanya pengguna tertentu yang berhak mendapat layanan pinjaman dana ini.

Mengenal ShopeePinjam, pinjaman uang tunai dari Shopee.

Apa Itu ShopeePinjam?

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari berbagai sumber, Shopee Pinjam atau sekarang bernama "SPinjam" merupakan layanan pinjaman uang tunai online untuk pengguna. Shopee pinjaman online ini bisa didapatkan untuk pembeli atau penjual dalam bentuk pinjaman modal. Layanan ini diselenggarakan oleh PT LENTERA DANA NUSANTARA (LDN).

Bagaimana cara mendapatkan layanan ShopeePinjam? Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, bahwa layanan pinjaman ini hanya untuk pengguna shopee yang terpilih dan telah memenuhi syarat serta kriteri shopee pinjam saja. Salah satu syarat atau cara agar menjadi pengguna terpilih ialah aktif menggunakan layanan dari shopee entah untuk beli pulsa atau belanja, sama seperti cara agar mendapat ShopeePayLater.

Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

Apabila kalian merupakan salah satu pengguna terpilih yang mendapat fitur ini, cara mengaktifkan ShopeePinjam bisa dikatakan cukup mudah.

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee
  • Tap menu Saya lalu pilih ShopeePinjam 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

  • Setelah itu tap Aktifkan Sekarang 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

  • Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

  • Buat Kontak Darurat dan tap Kirim 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

  • Selanjutnya tap Mulai Verifikasi Wajah dan arahkan wajah kalian ke dalam frame 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

  • ShopeePinjam berhasil diaktifkan 
    Cara Mengaktifkan Layanan ShopeePinjam

Catatan : Setiap pengguna yang terpilih shopeePinjam berkesempatan mendapat limit pinjaman mulai dari 200 rb hingga 5 juta.

Simulasi Pinjaman Shopee dan Bunga yang Harus Dibayar

Bagi yang penasaran berapa bunga dari pinjaman shopee ini silahkan simak penjelasan singkat berikut. Karena saya sudah berhasil mengaktifkan ShopeePinjam dan mendapatkan limit 1.6 Juta, di sini saya mencoba simulasi pinjam uang sebanyak 1 juta dengan tempo 3 bulan dan ini hasilnya.

Cara mencairkan ShopeePinjam ke rekening bank

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan masuk ke menu ShopeePinjam
  • Setelah itu tap Ajukan
  • Lalu pilih jumlah penarikan, Durasi Pinjaman, Rekening Bank dan tap Ajukan Sekarang
Cara mencairkan ShopeePinjam ke rekening bank

Bunga Pinjaman Shopee

Berdasarkan gambar di atas dengan pinjaman sebesar 1 jt dan durasi 3 bulan diperoleh total bunga Rp 118.593,-.

Hitungan dari mana bunga tersebut? Begini cara mudah menghitung bunga shopee pinjam. Hutang 1 juta - 15 ribu (biaya) maka jumlah yang diterima Rp 985.000. Sekarang coba kali uang tersebut dengan 12%, maka hasilnya Rp 118.200.

Artinya pinjaman 1 juta dengan durasi waktu 3 bulan akan mendapat total bunga 12% atau 4% tiap bulannya.

Bagaimana menurut kalian, murah atau mahal? Jujur kalo menurut admin ini terlalu besar. Ditambah jumlah yang diterima tidak sesuai karena masih dipotong dengan biaya transaksi. Berbeda dengan Flexi Cash dari Bank BTPN Jenius yang hanya 2% per bulan tanpa ada potongan biaya administrasi.

Cara Membayar Tagihan Pinjaman Uang Shopee

Sama seperti Paylater, tagihan ShopeePinjam dapat dibayar setiap awal bulan dan paling lambat tanggal 5 setiap bulan. Langkah-langkah membayar pinjaman dana dari Shopee.

  • Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu Saya ➝ ShopeePinjam
  • Kemudian tap menu Bayar
  • Lalu pilih metode pembayaran Shopeepay, Virtual Account Bank atau melalui Indomaret
  • Pinjaman akan otomatis terbayarkan setelah pembayaran selesai

Bagaimana jika terlambat membayar? Tentunya kalian akan mendapatkan sanksi, besarnya denda yaitu 5% dari total pinjaman. Lumayan juga kan, jadi saran saya gunakan layanan ini hanya untuk hal-hal penting dan produktif saja.

Lihat Juga :

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pinjaman dari shopee ini hanya untuk pengguna terpilih saja. Cara mengaktifkan dan mencairkannya cukup mudah. Hanya saja menurut pandangan admin bunga yang diberikan cukup besar.

Jadi seperti itulah Pengertian ShopeePinjam, Cara Mengaktifkan dan Simulai Pinjaman. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa kembali.

Post a comment for "ShopeePinjam : Pengertian, Cara Mengaktifkan dan Simulai Pinjaman"