Widget HTML Atas

Pengalaman Flexi Cash Jenius (Dana Siaga dari Bank BTPN)

Denpono.com - Perkembangan perbankan sudah semakin berkembang dan maju, dibuktikan dengan semakin banyaknya pilihan bank digital dengan beragam penawaran menarik. Salah satu bank digital yang ada di Indonesia yaitu Jenius atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Jenius.

Salah satu penawaran yang diberikan dan mendapatkan banyak respon dari para nasabah adalah fitur Flexi Cash.

Flexi Cash Jenius : Pengertian, Cara Pengajuan, Bunga, Kelebihan, Kekurangan dan Pengalaman

Pengalaman Flexi Cash Jenius (Dana Siaga dari Bank BTPN)

Apa itu Flexi Cash?

Flexi Cash adalah layanan yang diberikan oleh Bank BTPN Jenius kepada nasabahnya berupa Dana Siaga atau pinjaman yang bisa langsung dicairkan begitu setelah fitur tersebut kalian mengaktifkannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Flexi Cash Jenius?

Bagi kalian yang berminat mendapatkan limit dana siaga dari Bank BTPN Jenius maka perlu mengaktifkan Flexi Cash di dalam aplikasi Jenius, yaitu caranya sebagai berikut :
Pengalaman Flexi Cash Jenius (Dana Siaga dari Bank BTPN)

  1. Buka aplikasinya, lalu pilih menu “Flexi Cash” dan pilih “Saya mau ajukan Flexi Cash”.
  2. Kemudian pilih OK lalu lengkapi data diri. Jika semua sudah terisi pilih “Lanjut”.
  3. Masukkan kata sandi Jenius kalian, lalu pilih “Submit”.
  4. Selesai, kalian berhasil melakukan pengajuan Flexi Cash Jenius, yang harus dilakukan jika sudah sampai step ini yaitu menunggu konfirmasi dari pihak Bank.

Apabila pengajuan dana siaga diterima maka kalian akan mendapat saldo limit yang bisa dicairkan kapanpun dan dimanapun.

Namun apabila tidak diterima atau ditolak, biasanya kalian diminta untuk menunggu 3 bulan agar bisa melakukan pengajuan ulang. Penolakan ini terjadi karena mutasi transaksi di Jenius milik kalian kurang memenuhi syarat. Oleh karena itu agar pengajuan selanjutnya bisa diterima yaitu dengan terus meningkatkan transaksi perbankan.

Bunga Flexi Cash

Berapa sih bunga Flexi Cash? Jawabannya adalah bervariasi, karena setiap nasabah yang berhasil mendapat atau diterima pengajuan Dana Siaga Jenius akan memperoleh Bunga yang berbeda-beda mulai dari 1,75 % hingga 2,25 %.

Misalnya kalian memiliki Flexi Cash dengan bunga 2% maka apabila melakukan pinjaman 2 juta dan dicicil selama 10x, maka yang harus dibayar setiap bulan sebesar 240 ribu (pokok = 200 ribu + bunga = 40 ribu).

Perbedaan bunga setiap nasabah bergantung dari tingkat risk / resiko profil pada saat pengajuan. Beberapa hal yang mempengaruhi tingkat resiko profil misalnya Pendapatan, Pengeluaran, Tanggungan dan lainnya.

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa didapat dari Flexi Cash Jenius :
  1. Memiliki suku bunga yang kompetitif.
  2. Proses pencairan dana mudah dan cepat cukup dilakukan dari aplikasi Jenius tanpa dokumen apapun sebagai jaminan.
  3. Dana bisa ditarik saja


Kekurangan

Berbicara soal kekurangan tentu nantinya yang akan saya tulis ini mungkin bisa pro atau kontra. Apapun persepsinya nanti inilah kelemahan dan kekurangan dari Flexi Cash Jenius versi Denpono Blog :
  1. Pembayaran cicilan secara auto debet dari saldo tabungan. Sehingga harus dipastikan saldo aktif Jenius sudah mencukupi pembayaran cicilan pada saat jatuh tempo agar tidak terkena penalti atau sanksi.
  2. Limit pinjaman terbatas.
  3. Dilakukan serba digital pada Jenius App.
  4. Tanggal jatuh tempo untuk pinjaman ke-2, 3 dan seterusnya mengikuti tanggal jatuh tempo pinjaman pertama kali.

Jadi kurang lebih kekurangan dan kelebihan dari Dana Siaga Flexi Cash Jenius seperti itu, nah selanjutnya saya akan berbagi pengalaman sekaligus me-review nya. Simak ya...


Review dan Pengalaman

Saya (Denpono Blog) pertama kali mengenal dan membuka rekening BPTN Jenius pada akhir tahun 2018 tepatnya di bulan November. Kemudian untuk transaksi tabungan pertama pada bulan januari 2019.

Sedangkan Flexi Cash sendiri baru saya aktifkan sekitar bulan November 2019 dan mendapat saldo limit 18 juta, walaupun sebenarnya pihak Jenius sudah berulang kali mengirim notifikasi pemberitahuan melalui email. Tetapi karena merasa belum membutuhkan jadi saya tunda.

Pengalaman Flexi Cash Jenius (Dana Siaga dari Bank BTPN)

Pencairan Dana Siaga atau pinjaman Flexi Cash pertama kali saya lakukan di bulan Desember 2019 untuk keperluan ganti HP (Maklum kawula muda pengen gadget baru hehe).

Balik ke cerita, kemudian setelah satu bulan berjalan dan pembayaran cicilan pertama berhasil saya lakukan. Akhirnya anggota keluarga dan teman dekat saya ikut meminjam untuk keperluan mereka. Hingga tulisan ini rilis, jumlah cicilan yang sudah saya buat mencapai 6 cicilan dan 1 diantaranya berhasil dilunasi.

Menurutnya saya, Dana Siaga dari Jenius sangat membantu keperluan saya dengan bunga yang kompetitif serta tidak perlu biaya tambahan lain. Akan tetapi ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan ketika hendak mencairkan pinjaman tersebut, antara lain :
  1. Pastikan sudah jelas untuk keperluan apa sebelum mencairkan Flexi Cash.
  2. Paham bagaimana cara membayar cicilannya.
  3. Sadar akan resiko penalty atau sanksi apabila telat membayar cicilan (walau telat 1 hari pun).

Lihat Juga :

Jadi itulah sedikit gambaran penjelasan serta review pengalaman menggunakan Flexi Cash atau Dana Siaga dari bank BTPN Jenius. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

3 comments for "Pengalaman Flexi Cash Jenius (Dana Siaga dari Bank BTPN)"

  1. saya udh dua kali ditolak min, solusi bagaimana ya

    npwp ada, gaji tetap ada, pnghasilan tiap bulan 3.8 jt

    masih aja ditolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan pengalaman, akun jenius harus aktif untuk transaksi gan. Misal isi pulsa, bayar listrik, top up ewallet, transfer.

      Dan juga rata-rata saldo bulanan harus diatas 1jt.

      Delete
  2. betul gan, jenius melihat transaksi kita, yang di akumulet rata rata bulanan. saya pribadi cukup aktif pake janius untk trx perbankan, top up, dengan rata rata bulanan 2-3 jutaan. pake janius kurang dari 3 bulan, dapet tawaran flexi cash langsung saya aply. isi data, ngak sampe 5 menit di approve 18,2jt.
    jadi buat temen temen yang ingin coba apply ketika sudah dapet penawaran dari jenius, baiknya perbanyak trx di Jenius. pasti di setujui :)

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.