Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Perhitungan Bunga Flexi Saver Jenius BTPN Terbaru

Perhitungan Bunga Flexi Saver Jenius Terbaru

Pada kesempatan kali ini admin DP akan membahas bagaimana cara atau perhitungan bunga flexi saver Jenius BTPN. Selain itu akan dibahas pula jenis penyimpanan yang lain seperti Maxi dan Dream saver. Kemudian admin DP juga akan menjelaskan apa maksud dari bunga p.a (per annum atau per tahun). Jadi bagi kalian yang saat ini sedang menabung dengan rekening digital Jenius BTPN, wajib membaca hingga akhir.

Seperti kita ketahui bahwa setiap rekening tabungan di suatu perbankan pasti mempunyai suku bunga.  Setiap nasabah akan mendapatkan tambahan nilai atau bunga dari total uang yang disimpan pada rekening bank. Suku bunga dihitung setiap tahun dan dibayarkan setiap bulannya.

Skema Suku Bunga Jenius BTPN

Nah untuk rekening Jenius dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional “BTPN” setidaknya mempunya 4 skema bunga yang akan diterima nasabah.  Skema suku bunga tersebut antara lain :

  • Saldo aktif di m-card = bunga 0.5% p.a
  • Flexi Saver = bunga 3% p.a
  • Dream Saver = bunga 3% p.a
  • Maxi Saver = bunga 4% s/d 4.5% p.a

*) Catatan : Suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu, update terbaru dapat dilihat pada laman : Jenius Rate and Limits

Sesuai dengan judul artikel, maka di sini admin DP akan membahas perhitungan dari jenis Flexi Saver. Karena jenis inilah yang paling banyak dipakai oleh pengguna Jenius.

Cara Perhitungan Bunga Flexi Cash Jenius BTPN Terbaru

Cara Perhitungan Bunga Flexi Cash Jenius BTPN Terbaru

Sebelumnya pengertian dari p.a atau per annum merupakan persentase bunga yang akan diterima per tahunnya. Flexi Saver sendiri mempunyai bunga sebesar 3% per tahunnya atau  0.25% per bulan.

Karena bunga dari tabungan Flexi Saver Jenius dibagikan setiap bulan maka bunga per annum tesebut harus dibagi 12.

Sehingga contoh perhitungan bunga Flexi Saver Jenius dapat dihutung dengan rumus “Jumlah Tabungan x 0.25%”. Maka kalian akan mendapatkan bunga kotor karena belum dipotong pajak.

Misalnya admin Denpono menabung di flexi Saver sebanyak Rp 5.000.000 maka dalam sebulan akan mendapatkan bunga kotor sebesar Rp 12.500. Jika ditabung selama setahun mendapatkan Rp 150.000.

INGAT! Perhitungan bunga di atas masih kotor karena belum dipotong pajak penghasilan (PPh). Berdasarkan informasi yang admin dapatkan (koreksi jika salah). Bahwa terdapat pajak sebesar 20% p.a.

Lihat Juga :

Perhitungan Bunga  Saldo Aktif, Dream dan Maxi Saver Jenius BTPN

Cara perhitungan bunga untuk jenis saldo tabungan yang lain adalah sama. Acuannya yaitu suku bunga per tahun yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank. Sekali lagi jika kalian menghitungnya akan mendapatkan hasil nilai kotor. Akan tetapi sudah bisa menjadi gambaran seberapa banyak tambahan nominal di rekening jenius kalian.

Cara Memanfaatkan Bunga Flexi Saver Jenius

Mulai tahun ini (2021) secara resmi jenius bukan lagi bank yang tanpa biaya admin bulanan. Sudah diberlakukan biaya administrasi dengan istilah feesible. Besar biaya atau fee ini yaitu 10 ribu per bulan.

Feesible

Nah untuk mensiasati supaya saldo di rekening tidak terpotong setiap bulannya, dapat memanfaatkan bunga dari Flexi Saver. Cukup dengan menyimpan saldo di Flexi Saver dengan bunga 3% p.a minimal sebanyak 5 juta saja. Kalian sudah dapat menutup biaya feesible 10 ribu tadi.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara dan perhitungan bunga flexi saver Jenius BTPN terbaru. Semoga tulisan yang admin DP tulis ini dapat mencerahkan teman-teman pembaca semua untuk memahami bunga dari Jenius. Jika kalian memiliki informasi yang lebih up to date bisa komentar di bawah supaya bisa berdiskusi, sampai jumpa kembali dan terimakasih.

Afif Efendi
Afif Efendi Blogger kampung yang mungkin juga kampungan. Penikmat kopi, kesunyian dan kenangan. Udah itu aja sih, bingung mau nulis apa lagi.

Posting Komentar untuk "Perhitungan Bunga Flexi Saver Jenius BTPN Terbaru"