Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apakah FLIP Aman atau Penipuan? Simak Penjelasan Berikut Ini

Apakah FLIP Aman atau Penipuan

FLIP Penipuan? Beberapa waktu lalu ketika admin sedang melakukan riset untuk keperluan artikel , menemukan  kata kunci tersebut. Sedikit kaget juga, padahal admin sering menggunakan layanan dari FLIP untuk melakukan transfer uang. Tetapi apakah FLIP atau PT fliptech lentera inspirasi pertiwi ini merupakan modus penipuan? Silahkan simak penjelasannya di artikel ini sampai selesai.

Berbicara tentang aplikasi semacam FLIP yang memberikan layanan transfer switching yang memungkinkan kirim uang antar bank tanpa ada biaya transfer. Sebagaimana kita ketahui ketika melakukan transfer saldo dari suatu bank ke bank lainnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 6500 per transaksi.

Biaya tersebut bisa sangat berarti terutama bagi seseorang yang mempunyai saldo rekening yang terbatas. Ditambah misal harus melakukan transfer ke bank lain lebih dari sekali. Nah disini aplikasi FLIP memposisikan diri sebagai jembatan untuk mengatasi permasalah tersebut.

Dalam proses transaksi kita diminta untuk mengirim sejumlah uang sesuai dengan yang akan ditransfer ke rekening tujuan ditambah kode unik. Tetapi kita diwajibkan untuk mengirimnya ke rekening milik FLIP atau PT fliptech lentera inspirasi pertiwi.

Sehingga timbulah pertanyaan, apakah aplikasi Flip aman dari penipuan? Untuk mengetahuinya, mungkin pengalaman admin Denpono ini bisa menjawabnya.

Legalitas FLIP

Sudah pasti semua aplikasi yang berkaitan dengan keuangan hal pertama yang perlu dipertanyakan ialah legalitasnya. Apalagi jika aplikasi tersebut meminta untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening atas nama aplikasi atau perusahaan tersebut.

lisensi Bank Indonesia dan legalitas flip

Nah untuk aplikasi FLIP ini ternyata sudah berlisensi Bank Indonesia “BI” sejak 4 oktober 2016 silam dengan nomor ijin 18/196/DKSP/68. Ijin dari BI tersebut dapat kalian lihat melalui laman berikut ini : IZIN FLIP

Perlu diketahui juga bahwa karena Flip tidak melakukan pengelolaan dan menghimpun dana dari penggunanya maka tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan disingkat OJK. Hal ini dikarenakan Flip sudah dibawah kewenangan langsung oleh Bank Indonesia.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi FLIP

Setelah mengetahui bahwa flip itu berijin dan diawasi, sekarang admin akan berbagi pengalaman terkait penggunaan aplikasi ini. Admin sendiri sudah 1 tahun lebih menggunakan aplikasi Flip baik untuk transfer ke bank lain atau sekedar memindahkan saldo (punya 2 rekening bank).

Karena dengan menggunakan layanan seperti ini, admin berhasil menghemat biaya transfer sebanyak Rp 1.717.500 sejak pertama kali memakai flip.

pengalaman mennggunakan flip

Kenapa bisa sebanyak itu, banyangkan apabila dalam sebulan kalian dapat melakukan transfer ke bank lain sebanyak 20 kali dengan biaya 6500 per transaki. Artinya kalian mengeluarkan uang sebesar 130 ribu hanya untuk biayanya saja.

Selain itu cara pakainya juga sangat mudah, oleh karena itulah total biaya transaksi bisa dihemat sebanyak gambar di atas.

A. Cara menggunakan Flip

  1. Pertama silahkan download dan install terlebih dulu aplikasi Flip dari Appstore atau paystore
  2. Lakukan pendaftaran terlebih dulu
  3. Tap menu “Kirim Uang Gratis” lalu pilih +Tambah rekening baru
  4. Pilih nama rekening bank tujuan, masukkan nomor rekening lalu tap “Cek Nama”
  5. Jika sudah susai tekan Lanjut
  6. Masukkan Nominal dan berita transfer lalu tekan Lanjut
  7. Lanjutkan metode pembayaran, lalu pilih mau ditransfer dari bank apa
  8. Kemudian catat rekening tujuan dan nominal yang harus ditransfer
  9. Setelah melakukan transfer sesuai instruksi, tekan “Saya Sudah Transfer”
  10. Terakhir pengiriman uang akan segera diproses dengan estimas lama waktu maksimal 10 menit

Setelah berhasil kalian akan mendapatkan bukti transaksi sukses yang bisa diunduh dan bagikan ke penerima uang. Apabila panduan cara menggunakan di atas masih kurang paham. Kalian dapat perhatikan video tutorial cara kirim uang di flip berikut ini.

B. Alur Transaksi di Flip

Alur transaksi di flip sederhanya seperti ini, apabila kalian ingin melakukan transfer dari BRI ke BCA. Maka kalian akan transfer ke rekening BRI Flip (gratis biaya), lalu dari BCA Flip akan meneruskan ke BCA penerima/tujuan. Dengan seperti ini sudah jelas tidak ada biaya yang dikeluarkan karena transaksi yang kalian lakukan dijembatani oleh aplikasi Flip.

alur transaksi flip

C. Keuntungan Flip

Lalu kalau bukan penipuan, keuntungan flip didapat dari mana? Jadi keuntungan flip didapatkan dari layanan Flip+ dan Big Flip untuk bisnis atau korporasi. Nah kode unik yang ada disetiap transaksi kirim uang akan dikembalikan kepada user dan dapat ditarik ke rekening kembali atau dibelikan pulsa. Jadi aman dan transparan tidak ada biaya tersembunyi.

Baca Juga : Apakah Aplikasi OY Aman? Simak Ulasannya Di Sini

Apakah Flip Aman atau Penipuan?

Jadi di akhir sesi ini, apakah aplikasi Flip Aman dan bukan penipuan? Jawabannya tentu saja AMAN dan tidak usah diragukan lagi. Perhatikan poin berikut ini.

  • Berlisensi Bank Indonesia
  • Terdaftar dan diawasi OJK
  • Transparan

Kemudian pengalaman admin denpono yang sudah berhasil menghemat pengeluaran biaya transfer hingga 1 juta lebih seharusnya dapat membuktikan bahwa Flip penipuan adalah tidak benar. Ini adalah contoh bukti transfer dari aplikasi Flip.

bukti transfer flip

Lihat Juga :

Demikian penjelasan tentang Aplikasi Flip Penipuan. Semoga tulisan di atas dan pengalaman pribadi selama memakai layanan dari Flip yang dibagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komen di bawah, sampai jumpa kembali.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

3 komentar untuk "Apakah FLIP Aman atau Penipuan? Simak Penjelasan Berikut Ini"

  1. Flip belum dapat izin dari OJK.

    Kami telah mendapat lisensi dari BI Kak pada tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor izin 18/196/DKSP/68. Detailnya dapat Kakak lihat di https://flip.id/lisensi ya, Kak.

    Kenapa Flip tidak memiliki izin dari OJK? Karena OJK bertugas untuk mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, dan institusi keuangan lainnya. Sedangkan Flip sebagai perusahaan transfer dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

    Jadi ulasan tentang flip / foi sama aja!

    BalasHapus
  2. Mimin tau gak, kenapa rekening BCA milik PT Flip Lentera, di mana user melakukan transfer uang, selalu berganti-ganti? Saya sudah bertransaksi dengan Flip selama hampir 6 bulan. Selama kurun waktu tersebut, rek BCA milik Flip sudah berganti sebanyak 4 kali. Ini yang bikin user curiga. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja tahu dong, maka dari itu setiap mau transfer aku perhatikan betul apakah rekening seperti biasa atau ganti yang lain. Jika melihat model bisnis Flip ini, tidak menutup kemungkinan punya beberapa rekening bank atas nama yang sama karena itu memang bisa dan boleh.

      Curiga itu boleh dan penting, tetapi kalau transaksi di flip terus rekening atas nama flip juga tentu bukan jadi masalah dong. Tetapi yang masalah adalah, ketika kita tidak transaksi dengan platform tersebut (entah dengan siapa) tetapi saat pembayaran diminta untuk melakukan transfer ke rekening atas nama Flip. Nah itu patut curiga..

      Misal nih, kita transaksi sama si A (sebut saja ABC Store), pas mau bayar lha kok malah transfer ke rekening Flip. Nah yang begitu tuh yang patut dicurigai.

      Ujungnya apa kalau sampai terjadi penipuan? Si Flip yang kena imbas karena Flip dianggap penipu. Padahal mah cuma fasilitas umum aja yang kebetulan dipakai buat tindak modus penipuan.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.