Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Menghubungkan Printer Bluetooth ke HP dan Laptop Secara Mudah

Cara Menghubungkan Printer Bluetooth ke HP dan Laptop Secara Mudah

Cara menghubungkan printer Bluetooth ke hp dan laptop – pada artikel ini admin DP akan berbagi tips bagaimana menghubungkan atau koneksi printer thermal Bluetooth yang biasa dipakai untuk mencetak struk ke HP dan PC komputer / laptop. Tips yang akan dibahas ini dapat diterapkan di berbagai merk printer seperti Panda, Kozure, Eppos, Blueprint atau yang lainnya.

Printer Bluetooth merupakan printer yang biasa dipakai untuk mencetak struk tanda bukti pembayaran. Sistem kerjanya tidak membutuhkan tinta melainkan dengan panas ke kertas khusus. Karena itulah sering juga disebut dengan nama printer thermal (panas).

Bagi seseorang yang belum pernah menggunakan model printer seperti ini sebelumnya tentu akan kesulitan. Terlebih ketika harus melakukan koneksi atau menghubungkan untuk pertama kali, baik ke hp ataupun ke laptop dan pc.

Cara Menghubungkan Printer Bluetooth ke HP

Sebelum menggunakan printer Bluetooth untuk mencetak struk dari aplikasi seperti mitra shopee, tokopedia, gobiz atau aplikasi pembayaran lainnya. Pengguna diwajibkan untuk melakukan pairing atau menghubungkan terlebih dulu. Silahkan perhatikan panduannya berikut ini.

Langkah 1 : Hidupkan Bluetooth di HP dan Nyalakan Printer

Hidupkan Bluetooth

Pertama kali kalian harus menyalan printer dan menghidupkan Bluetooth di hp. Cara mengatifkannya cukup tarik panel notifikasi di bagian atas layar hp. Kemudian tap logo “Bluetooth” setelah itu tap dan tahan agar bisa melihat perangkat yang aktif (dalam hal ini printer thermal).

Selain itu kalian juga dapat masuk ke pengaturan di hp, lalu pilih menu “Koneksi” dan kalian akan menemukannya di sana.

Langkah 2 : Hubungkan HP dan Printer Thermal

Hubungkan HP dan Printer Thermal

Selanjutnya kalian perlu menghubungkan keduanya dengan cara melihat perangkat Bluetooth yang tersedia. Silahkan klik nama printer yang akan dihubungkan dan masukkan PIN default. Biasanya PIN default yaitu 0000 atau 1234. Bisa juga melihat pada manual book di dalam box pembelian. Jika tidak tidak ada silahkan cari tau dengan mencarinya secara online.

Langkah 3 : Uji Coba Print Struk

Setelah berhasil terhubung, cobalah untuk melakukan uji print pada aplikasi yang akan dikoneksi ke printer Bluetooth. Ketika akan melakukan cetak struk, pastikan Bluetooth di hp dalam keadaan aktif. Sampai di sini kalian sudah berhasil menghubungkan printer thermal Bluetooth ke hp.

Lihat Juga :

Cara Menghubungkan Printer Bluetooth ke Laptop atau PC Komputer

Bagaimana jika ingin menghubungkan ke Laptop atau pc komputer? Sebelum menghubungkan ke pc atau laptop, kalian harus menginstall driver printer telebih dulu. CD Driver akan didapatkan bersamaan dalam paket pembelian.

Silahkan install terlebih dulu driver tersebut pada laptop atau pc yang akan dihubungkan. Setelah itu barulah dapat menghubungkan printer thermal Bluetooth tersebut.

Langkah-langkah koneksi printer bluetooth panda ke laptop :

  1. Nyalakan BT Printer
  2. Masuk ke control panel > device and printer
  3. Klik Add Printer > pilih “add network, wireless or Bluetooth printer”
  4. Kemudian pencarian akan berlangsung
  5. Setelah printer ditemukan, pilih printer yang ada dan tunggu hingga proses finish
  6. Selesai

Apabila printer tidak terdeteksi pada saat proses pencarian. Artinya driver belum terpasang dengan benar. Silahkan ulangi instalasi driver supaya mudah dihubungkan dengan laptop atau pc.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menghubungkan printer Bluetooth ke hp dan laptop. Semoga tulisan sederhana ini bisa membantu teman-teman pembaca untuk mengkoneksikan printer thermal yang akan dipakai. Apabila ada kendala atau hal lain yang ingin ditanyakan dapat langsung berkomentar di bawah.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Cara Menghubungkan Printer Bluetooth ke HP dan Laptop Secara Mudah"