Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Cetak Struk di LinkAja, Mudah Banget

Cara Cetak Struk di LinkAja

Pada artikel ini admin DP akan berbagi tips bagaimana cara cetak struk di LinkAja. Proses mencetak struk tanda bukti transaksi dan pembayaran di aplikasi LinkAja baik itu transfer saldo, bayar tagihan listrik pln, Bpjs dan lain sebagainya dapat dilakukan secara mudah. Jadi buat kalian yang saat ini membutuhkan struk tersebut dapat mencetaknya seperti yang akan admin jelaskan di tulisan ini.

LinkAja (dulu : TCash) merupakan layanan dompet digital yang dapat dipakai untuk berbagai macam transaksi pembayaran. Seperti transfer uang, bayar tagihan listrik pln prabayar atau pascabayar dan masih banyak lagi.

Setiap transaksi yang sukses ataupun gagal di aplikasi linkaja akan mendapatkan tanda bukti atau receipt dalam bentuk digital. Namun sayangnya tidak ada opsi pilihan untuk mencetak struk tanda bukti tersebut. Bahkan tombol share pun tidak ada, jadi apabila kalian melakukan pembayaran misalnya tagihan listrik orang lain tidak dapat membagikannya ke penerima.

Lalu bagaimana cara mencetak struk transaksi pembayaran di aplikasi LinkAja? Nah di sini admin DP akan berbagi tips dan pengalaman tentang cara cetak struk tersebut. 

Sebelum Mencetak Struk di LinkAja

Harap diperhatikan, ketika hendak akan mencetak suatu struk sebagai tanda bukti. Maka syarat utama yang harus dipenuhi yaitu mempunyai alat cetaknya alias printer.

Nah untuk mencetak struk seperti di aplikasi LinkAja jenis printer yang cocok yaitu printer thermal dengan ukuran kerta 58 mm. Jadi lebih praktis karena tidak perlu memotong ukuran hasil print agar sesuai.

Kemudian untuk yang tidak mempunyai printer khusus struk seperti di atas dapat menggunakan printer biasa. Kalau masih tidak punya kalian dapat mencetaknya pada kios percertakan fotocopy dan print yang banyak di area sekolah mapun kampus.

Lihat Juga :

Panduan Cara Cetak  Struk di Aplikasi LinkAja

Silahkan ikuti panduan berikut ini untuk melakukan print struk dari aplikasi LinkAja. Disini admin akan mencontohkan untuk mencetak struk langsun dari hp Android.

Langkah 1 : Simpan Laporan Sukses

Step pertama kalian buka aplikasi LinkAja, lalu buka menu “Riwayat” dan cari laporan transaksi mana yang akan  dicetak menjadi struk.

Setelah ketemu, lakukan screenshot dengan menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan dan hasilnya akan seperti ini.

transaksi pembayaran di linkaja

Langkah 2 : Buka Aplikasi RawBT

RawBT merupakan aplikasi yang akan dipakai untuk mencetak struk di LinkAja menggunakan printer thermal Bluetooth. Silahkan download terlebih dulu aplikasinya di Playstore dan hubungkan dengan printer Bluetooth yang akan dipakai.

  • Buka aplikasi RawBT 
  • Pilih menu “Pengaturan” lalu cari nama printer yang akan dipakai

Untuk mengetahui apakah sudah terhubung atau belum, silahkan tekan tombol “Uji” maka printer akan diperintah mencetak tulisan “It is work”.

Langkah 3: Cetak Struk

Masih dalam membuka aplikasi yang sama, sekarang kalian pilih menu “File Gambar”. Setelah itu tekan “Memilih” dan cari gambar sreenshot transaksi dari linkaja yang sudah disimpan sebelumnya.

print struk dari linkaja

Lalukan crop jika diperlukan agar struk yang akan dicetak memiliki hasil yang baik. Lalu untuk jenis hasil cetak pilih yang “Black & White”. Setelah itu tekan tombol “MENAFDRUK” dan hasilnya akan tampak seperti ini.

print struk dari linkaja

Update !!  Setelah aplikasi di update ke versi terbaru. Sudah tersedia menu download dan share untuk riwayat transaksi. Sehingga dengan begitu kalian dapat langsung membagikannya ke penerima atau mencetaknya menggunakan printer.

cetak struk di linkaja

Cara Cetak Struk dari LinkAja dengan Printer Biasa

Sedangkan apabila tidak mempunyai printer seperti di atas, dapat mencetaknya pada mesin printer biasa. Caranya buka miscrosfot word, lalu insert gambar bukti transaksi linkaja yang sudah disreenshot. Setelah itu tinggal print seperti biasa.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara cetak struk di linkaja secara mudah versi denpono. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jika ada pertanyaan terkait topik kali ini bisa berkomentar di bawah. Sampai jumpa..
Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

2 komentar untuk "Cara Cetak Struk di LinkAja, Mudah Banget"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.