Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Cetak Struk PLN di Shopee atau Mitra Shopee

Cara Cetak Struk PLN di Shopee atau Mitra Shopee

Pada artikel ini admin DP akan berbagi tips dan tutorial bagaimana cara cetak struk PLN di Shopee. Selain itu juga akan dibandingkan dengan mencetak struk tagihan PLN Pascbayar dan prabayar (token) di aplikasi Mitra Shopee dengan menggunakan printer thermal bluetooth.

Struk merupakan bentuk tanda bukti suatu transaki. Setiap transaksi terutama pembayaran tagihan PLN di shopee pasti akan mendapatkan tanda bukti berupa struk.

Mencetak struk tagihan PLN di shopee dapat dilakukan menggunakan mesin printer biasa. Namun karena ukurannya yang memanjang, maka lebih optimal jika melakukan cetak struk menggunakan printer thermal. Sehingga tidak mubazir kertas jika dicetak menggunakan printer biasa.

Panduan dan Cara Cetak Struk Tagihan PLN di Shopee

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada 2 aplikasi yang biasa dipakai untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pln atau membeli pulsa token. Yaitu aplikasi Shopee itu sendiri dan Mitra Shopee.

Perbedaan dari keduanya yaitu fungsinya, dimana shopee seperti kita ketahui merupakan ecommerce yang salah satu layanannya adalah pembayaran tagihan.

Sedangkan untuk mitra shopee adalah aplikasi untuk jualan pulsa dan pembayaran tagihan. Jika membandingkan harga tentu Mitra jauh lebih murah, ulasan lengkanya dapat dilihat pada artikel : Apa Itu Mitra Shopee? Aplikasi Pembayaran Online Harga Terjangkau.

Lalu, bagaimana cara mencetak struk bukti pembayaran tagihan PLN dengan kedua aplikasi tersebut?

1. Cetak Struk PLN di Shopee

  • Silahkan buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”
  • Pilih menu “Pesanan” di bagian pojok kanan atas
  • Tab menu Selesai dan cari tagihan PLN yang ingin dicetak
  • Scroll ke bawah dan tekan “Download Struk Pembayaran”

Setelah itu kalian dapat langsung mengirimkan bukti pembayaran tagihan PLN tersebut ke penerima. Atau bisa mencetaknya dengan printer. Caranya bagaimana?

Jika ingin mencetak dengan printer thermal Bluetooth, silahkan download dan install aplikasi RawBT. Setelah itu buka dan pilih menu PDF lalu cari file struk yang sudah didownload tadi.

cetak struk di rawbt

Tab menu MENGAFDRUK, sesuaikan ukuran kertas dan jika sudah pas tekan simbol PRINT. Setelah jadi maka hasilnya akan seperti ini.

Cetak Struk PLN di Shopee

2. Cetak Struk PLN di Mitra Shopee

  • Silahkan buka aplikasi Mitra Shopee dan lakukan transaksi seperti biasa
  • Pilih menu Saya > Printer Saya > Aktifkan Bluetooth dan cari nama Printer
  • Jika sudah terhubung, silahkan kembali ke halaman utama mitra
  • Pilih menu Transaksi dan cari tagihan PLN yang akan dicetak struknya
  • Tap menu Cetak dan sesukan harga jual jika perlu, lalu tekan tombol Cetak

Jika sudah berhasil, maka hasil cetakan struk PLN akan tampak seperti ini.

Cetak Struk PLN di Mitra Shopee

Akhir Kata

Jadi seperti itulah bagaimana cara mencetak struk bukti pembayaran tagihan listrik PLN di Shopee. Apabila kalian sering melakukan pembelian token listrik atau bayar tagihan PLN dan pulsa. Sebaiknya gunakan aplikasi Mitra. Alasannya tak lain dan bukan karena di mitra mempunyai harga yang jauh lebih murah dibanding di shopee itu sendiri.

Lihat Juga :

Tetapi itu semua kembali kepada kalian sendiri mau pakai yang mana. Semoga artikel tentang cara cetak struk PLN di shopee di atas bermanfaat, sampai jumpa kembali.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Cara Cetak Struk PLN di Shopee atau Mitra Shopee"