Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apa Itu Get Contact : Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Get Contact

Mengenal apa itu Get Contact, pada artikel ini admin Denpono akan mengulas aplikasi tersebut setelah sekitar beberapa minggu pemakaian. Di sini nanti akan dijelaskan pengertian, fungsi dan cara menggunakannya apakah aman atau tidak. Jadi buat kalian yang penasaran dengan aplikasi Getcontact dan belum begitu paham dengan fungsi atau cara pakainya, silahkan perhatikan artikel ini hingga sekesai.

Apa itu Get Contact?

Get Contact atau biasa juga disebut Getcontact merupakan suatu aplikasi yang dibuat untuk menggantikan fitur kontak di hp penggunanya. Dengan Getcontact pengguna akan mengetahui identitas dari suatu nomor hp penelpon apakah dari seseorang, robot, telemarketing atau nomor hp penipuan (scam).

TrueCaller, istilah yang biasa dipakai untuk mendefinisikan aplikasi anti spam ini. Memanfaatkan database yang ada, pengguna akan mengetahui nama kontak dari suatu nomor tidak dikenal. Selain itu juga terdapat “tag” atau penanda nama yang diberikan oleh pengguna aplikasi Getcontact lain. Sehingga kita dapat mengetahui nama-nama atau sebutan dari nomor tersebut.

Fungsi dan Kegunanaan

Setelah mengetahui penjelasan singkat di atas, sebenarnya fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini apaan sih?

  • Dipakai untuk mengetahui identitas suatu nomor tidak dikenal ketika melakukan panggilan
  • Memeriksa identitas suatu nomor
  • Perlindungan anti spam
  • Dapat dipakai untuk mengetur siapa saja yang dapat menghubungi kalian

Jika kalian sering transaksi online maka aplikasi ini bisa sangat berguna untuk mengetahui apakah penjual (pemiliki nomor) adalah terpercaya atau tidak. Kalian cukup salin nomor tersebut dan tempelkan di kolom pencarian. Maka dalam sekejap akan muncul identitas dari nomor tersebut.

Perhatikan pada bagian Tag atau penanda, jika ada tanda yang mengindikasikan negatif misalnya istilah “penipuan”, “ripper” dan lain sebagainya maka kalian patut waspada.

Contoh kegunaan lain yang hampir sama misalnya ada baru saja mendapatkan nomor kontak yang “Katanya” bos dari suatu perusahaan. Sebelum menghubungi cek terlebih dulu di aplikasi Getcontact apakah yang dikatakan benar atau hanya omongkosong belaka.

Satu contoh lagi dari fungsi dan kegunaan dari aplikasi Get Contact di dunia nyata. Misalnya kalian dihubungi oleh nomor sekolah anak kalian, karena nomor tidak dikenal maka kalian tidak mengankatnya. Sedangkan dengan Getcontact kalian akan langsung mengetahui siapa penelpon tersebut.

Baca Juga : Cara Klaim GetContact Premium Gratis

Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact

Sebelum mulai menggunakan aplikasi Get Contact ini, pertama kalian wajib download dan install aplikasi tersebut. Kemudian melakukan registrasi dan verifikasi nomor hp seperti video berikut ini.

Setelah berhasil, kalian sudah mulai dapat menggunakan beberapa fungsi dan fitur penting seperti di bawah :

1. Cek Nomor di GetContact

Misalnya kalian dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal baik itu lewat sms, telpon maupun chat whatsapp dan mengaku dari pihak tertentu. Jangan langsung percaya, kalian dapat melakukan cek nomor tersebut di aplikasi get contact. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

  • Catat atau salin nomor misterius yang ingin dilihat identitasnya
  • Buka aplikasi Get Contact
  • Ketik atau tempel nomor tersebut di kolom pencarian, lalu tekan Cari 
    cara cek nomor di get contact

  • Setelah itu kalian akan melihat rincian seperi ini 
    hasil pencarian nomor di getcontact

Selain itu kalian juga bisa melihat penanda atau tag dari pengguna Getcontact lain yang telah dihubungi oleh nomor tersebut. Dari hasil penancarian yang denpono lakukan ternyata nomor misterius tersebut milik pelaku penipuan dengan modus sebagai orang bank.

cara cek nomor di getcontact

2. Mengaktifkan Fitur Anti Spam

Fitur anti spam ini fungsinya untuk memberikan indikator kepada suatu nomor yang terindikasi spam atau tindak penipuan. Jadi apabila suatu nomor tersebut sudah ditandai spam oleh Getcontac ketika mencoba menghubungi kalian akan muncul suatu peringatan. Sehingga kita sebagai target bisa lebih waspada.

Setidaknya ada 2 opsi dari fitur anti spam ini, yaitu memunculkan informasi di layar hp bahwa nomor berpotensi spam dan langsung memblokirnya saat itu juga. Untuk mengaktifkan fitur ini dapat masuk ke menu “Lainnya” dan pilih opsi “Proteksi Spam”.

fitur anti spam

Apakah Aplikasi Get Contact Aman?

Ketika awal penggunaan terdapat perizinan yang meminta akses buku kontak, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah aplikasi ini aman digunakan atau tidak. Berdasarkan pengalaman dan informasi yang Denpono kumpulkan dari beberbagi sumber. Get contact tergolong Aman digunakan, terlebih fiturnya yang sangat bermanfaat untuk memblokir nomor spam dan penipuan.

Jika dipikir, manfaatnya jauh lebih terasa jika dibandingkan memikirkan apakah aman atau tidaknya aplikasi digunakan. Nyatanya tindak modus penipuan yang dilakukan secara panggilan telpon masih terus saja terjadi dan belum bisa diberantas oleh Kominfo.

Jadi lebih baik cari aman saja, apalagi jika kalian merupakan orang yang cukup aktif di dunia maya. Baik untuk transaksi atau apapun itu yang intinya harus bertukar nomor hp.

Lihat Juga :

Akhir kata

Jadi seperti itulah penjelasan dan pengenalan aplikasi Get Contact, mulai dari pengertian, fungsi dan cara menggunanakannya. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi terkait proteksi dari tindak penipuan dan spam yang masih sering terjadi. Apabila ada pertanyaan mengenai topik pembahasan ini bisa berkomentar di bawah.

Afif Efendi
Afif Efendi Blogger kampung yang mungkin juga kampungan. Penikmat kopi, kesunyian dan kenangan. Udah itu aja sih, bingung mau nulis apa lagi.

1 komentar untuk "Apa Itu Get Contact : Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya"

  1. Oh, jadi begitu ya tentang Get Contact ini :) Rasa was2 berkurang dong ya kalau ada panggilan telp yang bikin kita curiga hehehe. TFS siapa tau aku mau pasang juga :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.