Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Cek Nomor HP Penipu dengan Mudah

https://www.denpono.com/2021/02/apa-itu-get-contact.html

Berbicara tentang bagaimana cara cek nomor hp penipu atau bukan saat ini sudah sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan bisa kerjakan secara online maupun dengan bantuan aplikasi khusus. Dengan mengetahui identitas dari suatu nomor setidaknya dapat mengurangi resiko menjadi korban penipuan.

Pada era yang semakin canggih dan serba digital seperti sekarang ini. Masih sering ditemui percobaan modus penipuan lewat sms, telpon dan pesan chat WhatsApp. Biasanya nomor tersebut akan mengaku sebagai kerabat, keluarga atau bahkan mengatas namakan pihak tertentu seperti pihak bank dan kepolisian.

Seperti pengalaman admin Denpono beberapa waktu lalu, dimana tiba-tiba mendapatkan telpon dari seseorang mengetas namakan dari tim Seller Shopee. Karena waktu itu memang  sedang ada event dan kebetulan saya juga berjualan di shopee.

Awalnya tidak curiga (sedang lengah) namun akhirnya mulai curiga dan panggilanpun berakhir. Kemudian untuk memenuhi rasa penasaran admin Denpono mencoba untuk mengecek siapakah nomor tersebut. Apakah modus penipuan atau bukan dan beberapa cara mengeceknya bisa kalian lihat seperti di bawah ini.

Cek Nomor HP Penipu dengan GetContact

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan layanan dari aplikasi get contact untuk cek nomor hp penipu. Prinsip kerjanya pada aplikasi tersebut terdapat database yang bersumber dari penggunanya. Dimana setiap nomor pasti akan memiliki nama, tag dan indikator penipuan/spam.

Bagi yang belum tahu bisa mempelajari aplikasi ini di artikel mengenal apa itu aplikasi Get Contact. Nah cara untuk mengecek identitas suatu nomor yaitu seperti ini.

  • Catat atau salin nomor hp yang dicurigai
  • Buka aplikasi Get Contact (pastikan sudah mendaftar dan melakukan verifikasi)
  • Lalu tulis atau tempel nomor hp di kolom pencarian
  • Tekan “Cari”
  • Hasilnya akan muncul 
    Cek Nomor HP Penipu

Dengan aplikasi ini setidaknya kalian akan mengetahui nama asli kontak tersebut, tag yang diberikan oleh pengguna lain dan adanya indikasi Spam/Penipuan atau tidak. Jika ingin mengakses fitur lain dapat mencoba GetContact Premium Gratis.

Catatan : Cara di atas tidak dapat dipakai untuk cek lokasi nomor hp penipu

Cek Nomor HP Penipu Online

Cara kedua yaitu secara online dengan memanfaatkan situs Kredibel.co.id yang dulunya bernama Penipu.id. Sebenarnya situs kredibel ini bukan hanya untuk mengecek suatu nomor saja. Melainkan nomor rekening bank juga.

Penggunaan situs kredibel untuk cek nomor penipuan atau tidak sangatlah mudah. Yaitu cukup kunjungi laman kredibel lalu pada kolom yang telah disediakan kalian ketik nomor hp yang dicurigai. Kemudian tekan tombol “Check” dan hasilnya akan keluar.

Cek Nomor HP Penipu Online

Dari Kedua Pilihan Di Atas, Mana yang Lebih Baik?

Berdasarkan pengalaman pribadi dan jika berbicara tentang keakuratan maka pilihan jatuh ke aplikasi Get Contact. Alasan dikarenakan jumlah pengguna yang banyak dan didukung promosi yang tidak ada hentinya. Jadi setiap nomor yang dicek dengan aplikasi tersebut pasti akan muncul hasil yang akurat.

Sedangkan kredibel, karena penggunanya yang tidak banyak. Maka hasil pencariannya juga kurang akurat.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara cek nomor hp penipu secara online dan menggunakan aplikasi khusus. Dari tulisan di atas setidaknya ada 2 pilihan cara, yaitu melalui situs Kredibel dan aplikasi GetContact. Semoga dengan tulisan ini kalian lebih waspada lagi terhadap nomor yang tidak dikenal dan dijauhkan dari segala jenis modus penipuan.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nomor HP Penipu dengan Mudah"