Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon

Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon

Modus penipuan yang dilakukan dengan metode telepon atau sms adalah bukan hal yang baru. Dahulu pernah ramai modus penipuan "Mama Minta Pulsa" dan berujung ditangkapnya para sindikat penipuan tersebut. Namun dengan ditangkapnya gembong penipu ini tak lantas membuat ciut nyali penipu yang lain. Bahkan di tahun 2019 masih ada modus penipuan serupa, yaitu dengan cara mengaku sebagai anggota keluarga.

Contoh modus penipuan melalui sms atau telepon adalah sebagai berikut :
  • Undian Berhadiah
  • Anggota keluarga terjerat kasus kejahatan
  • Mengaku anggota keluarga/teman/saudara yang merantau di luar jawa
  • Ajakan telepon ke nomor tertentu misal yang awalan 080 (akhir sms: No sex dan sara)
  • Sms konfirmasi pembayaran ke salah satu bank
  • dan masih banyak lagi modus serupa.

Pada artikel Denpono.com akan membagikan pengalaman mengenai modus ini, yaitu tentang modus penipuan yang mengaku-ngaku sebagai anggota keluarga/teman/saudara yang sedang merantau di luar jawa (Kalimantan dan Sumatera), contoh dari sms penipunya adalah seperti ini :

Waspada ! Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon


Sms di atas dikirim dalam bahasa jawa dan memiliki arti. "Bagaimana kabarnya di Jawa. Masih ingat aku tidak.? Saudaramu yang merantau di Kalimantan. Ini nomor baruku"

Ketahuilah bahwa ini adalah pancingan saja, dimana penipu memancing calon korbannya untuk menyebutkan nama. Misal seperti ini.

Calon korban misal menjawab : "Oh iki kang Paimin yo? Piye kabare kang?" Artinya "Oh ini Mas Paimin ya? Gimana kabarnya mas?".

Nah, kira-kira seperti itu. Jika calon korban sudah menyebutkan nama maka Penipu ini sudah mendapatkan jalan dengan cara mengaku sebagai Paimin. Kamudian penipuan akan semakin intens dan sok akrab, kemudian ketika calon korban sudah merasa penipu itu benar-benar saudaranya yang bernama Paimin, maka penipu akan berpura-pura minta tolong untuk dibelikan pulsa.

Pada sesi inilah Penipu mengelabui korbannya untuk memberikan pulsa. Agar kita tidak mudah terjerat kasus penipuan seperti ini, simak tips berikut ini.
  1. Jangan mudah percaya sama orang yang baru dikenal, apalagi hanya melalui sms atau telepon.
  2. Undian berhadiah tidak diumumkan melalui sms atau telepon. Harap hati-hati
  3. Jangan panik
  4. Minta tolong kepada orang lain, misal bertanya ini penipuan atau tidak.


Itulah beberapa Modus Penipuan Melalui Sms dan Telepon, intinya adalah segala bentuk iming-iming hadiah atau sejenisnya melalui sms atau telepon adalah modus penipuan, jadi tetap waspada jangan sampai lengah. Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Wassalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel