Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

7 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga - Para ibu rumah tangga biasanya tidak bisa hanya ongkang-ongkang kaki saja di rumah dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan agar tak hanya mengandalkan uang dari suami. Tapi apakah ada usaha sampingan yang cocok dijalankan?.

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Usaha Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Mungkin banyak ibu rumah tangga yang mempertanyakan harus punya bisnis sampingan apa. Tak perlu khawatir sebab akan ada  banyak sekali usaha untuk Anda. Tidak percaya? Simak saja list jualan terbaik berikut ini:

1. Buka Usaha Katering

katering Usaha Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Jika Anda membicarakan mengenai salah satu potensi terbaik untuk usaha ibu rumah tangga adalah memasak. Ini merupakan skill yang tidak boleh disia-siakan karena akan mendatangkan banyak sekali keuntungan. Sebab untuk beberapa acara besar akan butuhkan hal ini.

Misalnya saja seperti event pengajian, pernikahan, khitanan dan masih banyak lagi. Karena proses pemesanan juga besar maka jumlah profit pun akan jauh lebih tinggi juga. Lalu apakah ada tips untuk jalankan katering? Inilah ulasannya:

  • Tips dalam bisnis katering ini tentu masalah rasa masakan wajib diperhatikan.
  • Kemudian perhatikan lagi perihal kemasan, pelayanan juga kebersihannya.
  • Jangan pernah lupa untuk selesaikan pesanan tepat waktu agar konsumen puas.

2. Bisnis Kue

Bisnis Kue Usaha Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Kue juga jadi salah satu jenis bisnis terbaik jika Anda sangat suka membuat aneka makanan manis. Ini merupakan usaha sampingan terbaik sebab sering dicari oleh banyak orang dan beberapa acara. Hanya tinggal tentukan saja jenis seperti apa yang ingin dijual.

Karena banyak jenisnya, dimulai dari kue kering dan basah. Dalam promosinya sendiri bisa dilakukan melalui media sosial Anda untuk menarik pelanggan dengan jumlah yang banyak. Bisa juga terima pre order persiapan lebaran atau dijual para beberapa toko ritel.

Inilah aneka kue agar sukses jualan bisnis kue:

  • Aneka kue kering hari raya, menjadi salah satu bisnis populer industri rumah tangga yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan berbagai macam rasa dan ini pun sudah terbukti menjadi resep kuno yang tak akan ada habisnya. Contohnya seperti kaastengel dan nastar.
  • Selanjutnya adalah bisnis kue brownies, ini menjadi makanan ringan kesukaan banyak orang karena sama sekali tidak membosankan. Produksi makanan ini sendiri ada pada teknik pencairan bahan utamanya.
  • Jenis kue lain adalah pie susu, karena cukup populer jadi tak heran bisa jadi ladang usaha sangat menguntungkan untuk ibu rumah tangga.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Handycraft Usaha Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Apabila Anda adalah salah satu orang dengan punya kemampuan dalam mengolah barang-barang menjadi kerajinan tangan. Maka ini akan jadi peluang yang cukup besar agar bisa mendapatkan banyak sekali profit besar.

Kerajinan tangan seperti ini memang mendapatkan banyak sekali permintaan pasar, karena dipakai untuk berbagai macam event seperti souvenir wisuda, menjadi penghantar seserahan pernikahan ataupun pembuatan hampers. Berikut ini merupakan jenis yang bisa dibuat:

  • Pertama merupakan kerajinan tangan serta rajut yang menggunakan benang wol. Anda dapat menciptakan banyak barang seperti selimut, sweater, syal bahkan sampai boneka kecil. Pastikan untuk memilih benang berkualitas agar punya harga jual tinggi.
  • Selanjutnya adalah membuat kerajinan lilin yang berfungsi sebagai pewangi ruangan. Hampir mirip dengan aroma terapi dengan menggunakan beberapa bunga dalam proses pembuatannya. Dijamin akan laris manis karena banyak yang berminat.
  • Membuat buket bunga dari kertas memang cukup menjanjikan karena cocok sekali ditawarkan saat ada momen ulang tahun, wisuda, lamaran ataupun juga pernikahan. Karena memiliki sifat awet dengan harga murah pastinya akan banyak yang membeli.

4. Jadi MUA

Bisnis MUA Usaha Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis selanjutnya yang bisa Anda coba untuk para ibu rumah tangga adalah dengan menjadi make up artis. Ini cocok jika memang punya kemampuan dalam tata rias, karena bisa dikatakan cukup menjanjikan bahkan bisa memperoleh profit cukup besar jika mampu mengembangkannya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menawarkan jasa make up tersebut dalam acara-acara kecil. Misalnya saja seperti hajatan, pesta ulang tahun atau lamaran. Dijamin akan banyak orang tertarik dengan layanan tersebut.

Berikut ini merupakan tips agar bisa sukses jadi MUA:

  • Jangan pernah malas untuk terus berlatih. Sebab hal inilah yang akan membuat kemampuan dalam tata rias semakin bagus dan modern.
  •  Pastikan untuk selalu mengupload hasil dari make up ke media sosial Anda agar mampu meraih minat para calon pelanggan.
  • Pastikan menggunakan produk make up terbaik, meskipun tidak mahal tapi sekiranya merupakan produk BPOM dan tidak akan membuat banyak orang mengalami iritasi saat memakainya.
  • Suruh saja saudara untuk bisa menjadi model make-up karena pastinya hal itu akan menjadi salah satu promosi dari bibir ke bibir.

5. Menjadi Guru Les

Les Privat-Bisnis Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Jika ingin memulai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga tanpa mengeluarkan modal maka dapat menjadi salah satu jasa pengajaran. Ini adalah salah satu bisnis yang bisa dikatakan cukup fleksibel karena tidak akan mengeluarkan dana sepeserpun.

Berikut hal yang perlu dilakukan:

  • Para ibu rumah tangga hanya perlu menyesuaikan jenis jasa ataupun skill yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya saja seperti memberikan les dalam mengaji, privat musik ataupun beberapa mata pelajaran yang memang dikuasai. 
  • Hanya dengan melakukan dekorasi pada salah satu ruangan hunian, dengan begitu sudah bisa memberikan les privat kepada para siswa yang mendaftarkan diri. Dijamin akan membuat Anda dapatkan uang tambahan.

6. Usaha Laundry Kiloan

Laundry Rumahan Bisnis Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha selanjutnya yang dapat digunakan sebagai sampingan bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuka laundry kiloan. Ini bukan karena permintaan pasar Tinggi karena memang punya banyak kelebihan yaitu mudahnya operasional bahkan margin keuntungan juga sangat besar.

Agar bisa mampu menjalankannya, maka Anda sekiranya harus punya ruangan kosong, mesin cuci dan juga peralatan setrika. Dengan ketiga hal tersebut maka para ibu rumah tangga sudah bisa menjalankan bisnis kemudian raih keuntungan besar setiap bulannya.

7. Menjual Bumbu Siap Pakai

Bisnis Rempah Bumbu Siap Pakai

Jika saja para ibu rumah tangga tidak punya cukup waktu dalam membuat catering, maka cara bisnis selanjutnya adalah dengan membuat bumbu jadi karena pastinya banyak orang yang mencari hal seperti ini. Cara tersebut merupakan solusi terbaik agar masih bisa dapatkan banyak keuntungan.

Biasanya bumbu yang sudah siap pakai seperti ini akan dicari oleh orang-orang dimana memang tidak terlalu pandai dalam memasak. Kemudian proses dalam masa juga jauh lebih simpel ketika menggunakannya. Jadi Anda pun juga harus pintar mencari target pasar agar raih keuntungan.

Sedangkan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, hanya dengan menggunakan uang Rp500.000 saja sudah bisa membuat aneka ragam bumbu masakan. Dijamin tidak akan pernah mengecewakan profitnya.

Lihat Juga :

Demikian sekilas tentang 7 ide usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang tentunya membuat tabungan semakin banyak tanpa mengandalkan gaji suami. Dijamin bisa membeli apapun sesuai keinginan.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "7 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga"