Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil - Bulan Ramadan sudah tiba, biasanya waktu ini sering kali dimanfaatkan banyak orang untuk membuka usaha kecil-kecilan dengan modal yang cukup minim. Tapi tentunya keuntungan selama satu bulan penuh puasa cukup menjanjikan. Apa saja itu?.

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil

Ragam Usaha Profit Besar di Bulan Ramadan

Apakah Anda adalah salah satu orang yang tak mau ketinggalan untuk dapatkan profit menarik selama puasa dengan membuka usaha. Sebab dijamin berbagai macam bisnis ini memang sangat laris manis. Tak perlu berlama-lama, berikut adalah inspirasinya:

1. Jualan Takjil

Mengenai bisnis pertama yang sering kali langsung terpikirkan oleh beberapa orang ketika bulan Ramadan adalah menjual menu berbuka puasa seperti takjil. Karena berburu makanan seperti ini memang cukup mengasyikkan oleh banyak kalangan jadi bisa jadi inspirasi.

Takjil sendiri adalah salah satu usaha yang bisa dipastikan bisa laris manis saat bulan puasa. Sebab itu semua juga telah terbukti dengan banyaknya para penjual makanan tersebut di pinggir jalan. Karena tidak mungkin mereka menjalankan bisnis itu jika profitnya kecil.

Inilah caranya:

  • Sebetulnya jualan takjil sendiri memang paling dominan dengan makanan manis, yang mana itu memang menjadi salah satu syarat dalam berbuka puasa. 
  • Anda dapat membuat es buah yang dipotong kecil-kecil. Dipastikan modalnya juga sangat minim tapi punya keuntungan melimpah.

2. Jualan Lauk Pauk atau Katering

Usaha selanjutnya yang juga cukup memungkinkan ketika dilaksanakan saat bulan puasa yakni masih berhubungan dengan kuliner. Catering sendiri merupakan ide jualan paling meyakinkan sebab pastinya semua orang akan membutuhkan makanan bukan.

Karena selama berbuka puasa, lauk pauk merupakan salah satu makanan paling utama yang akan dicari. Tapi catering di sini akan menyajikan berbagai macam makanan dimana cocok disantap saat sudah buka siam dan untuk sahur.

Profit Katering:

  • Karena terdapat beberapa tempat yang memang sangat memerlukan persiapan makanan catering, misalnya saja adalah kantor yang punya jam kerja hingga malam hari.
  • Pabrik, panti asuhan ataupun pondok pesantren. Inilah kenapa alasannya bisa menjadi bisnis terbaik meskipun modal minim.

3. Jual Aneka Minuman Dingin

Hanya sekedar menjual minuman dingin juga bisa memberikan profit menjanjikan saat menjualnya di bulan romadhon. Sebab akan banyak sekali orang yang memang membutuhkan minuman manis serta menyegarkan untuk berbuka puasa, inilah kenapa alasannya.

Ketika seseorang tidak sempat membeli takjil ketika berbuka puasa dengan memberi minuman pelepas dahaga adalah salah satu langkah lain untuk bisa membatalkan siam. Bisnis seperti ini mudah sekali dijalankan bukan.

Berikut modal yang perlu dipersiapkan:

  • Apalagi modal yang dibutuhkan hanya air, siapkan gula, menyiapkan cup, peserta terakhir adalah perasaan minuman seperti sirup. 
  • Dan ini pun cukup kecil sekali karena bisa dipakai untuk membuat minuman dalam jumlah 20 wadah.

4. Menjual Peralatan Ibadah

Terdapat bisnis lain yang juga bisa memberikan profit besar selama bulan Ramadan yaitu menjual peralatan ibadah. Karena pastinya banyak orang akan mencari barang seperti ini untuk taraweh ataupun persiapan saat salat idulfitri nanti.

Meskipun pada umumnya nanti kebanyakan orang yang mengaku sudah memiliki peralatan ibadah sudah lama. Tentunya mereka akan berlomba-lomba untuk dapatkan barang baru karena menyambut bulan suci Ramadan sebab hanya datang satu tahun sekali.

Lalu barang apa saja yang bisa dijual, berikut adalah daftarnya:

  • Peralatan ibadah mukena.
  • Sarung beraneka macam merk dan warna.
  • Sajadah dan juga peci.

5. Jual Ragam Kue Kering

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, jika lebaran telah tiba pasti rumah-rumah akan menyajikan berbagai macam kue di meja ruang tamu. Ini bisa digunakan sebagai salah satu peluang besar untuk menjalankan bisnis dengan cara menjual kue kering atau jajanan lebaran.

Sebetulnya hal seperti ini memang selalu ada bahkan bukan hanya saat bulan Ramadan ketika menjelang hari raya saja. Dimana hari Natal sekalipun juga cukup menjanjikan. Apalagi dengan variasi jajanan tentunya bisa menarik perhatian calon konsumen.

Berikut merupakan jenis-jenis kue kering untuk lebaran:

  • Kue kering nastar.
  • Kue kering putri salju 
  • Jajanan kering pedas.
  • Jajanan kuping gajah.

6. Buka Bisnis Busana Muslim

Ide jualan selanjutnya untuk bulan puasa yaitu memang hampir sama seperti peralatan ibadah, tapi pada jenis ini biasanya akan dipakai pada saat momentum lebaran. Busana muslim memang sudah sangat menjamur tapi saat hari raya idulfitri telah dekat akan muncul ragam model bermunculan.

Karena memang saat ini model busana muslim tidak akan monoton dan cocok sekali digunakan untuk orang berhijab ataupun tidak menggunakan hijab sama sekali. Lalu apakah ada jenis baju yang cocok untuk dijual? Berikut merupakan daftarnya:

  • Busana Kashmir polos.
  • Busana long dress.
  • Busana semi kaftan.
  • Khimar segala jenis dan corak.
  • Busana muslim couple.

7. Berbisnis Parsel

Ide jualan di bulan Ramadan tahun ini selanjutnya adalah bisnis parcel. Sebab pastinya ini akan sangat laris manis di pasaran terutama saat menjelang menyambut hari raya. Umumnya barang seperti ini dibutuhkan sekali oleh perusahaan.

Karena dipakai untuk memberikan kepada orang-orang yang mereka hormati contohnya seperti kolega. Namun karyawan pun juga sering kali memperoleh parcel seperti ini dari kantornya. 

Aneka ragam isi dari parcel:

  • Buat parcel yang berisi kue lebaran.
  • Parcel yang berisikan makanan seperti buah-buahan.
  • Parcel yang berisi berbagai macam alat ibadah dan lain sebagainya.

8. Bisnis Jualan Kurma

Buah kurma merupakan salah satu makanan yang berasal dari Arab Saudi serta cukup berkaitan dengan momentum spesial di bulan Ramadan ataupun lebaran. Karena biasanya akan disantap pula ketika berbuka puasa ataupun disajikan untuk tamu-tamu ketika hari raya tiba.

Oleh karena itu, berbisnis berjualan kurma ini memang cukup menjanjikan bahkan bisa menjadi salah satu ide kreatif di bulan puasa. Apalagi di Indonesia sendiri sudah masuk berbagai macam jenis jadi hanya tinggal menawarkan ke calon konsumen saja.

9. Berjualan Ketupat

Jika untuk saat ini, satu-satunya ide jualan yang memang cukup menjanjikan apalagi ketika sudah memasuki hari raya lebaran yaitu ketupat. Karena ini merupakan salah satu hal paling identik bagi umat Islam di negara Indonesia.

Bahkan meskipun sudah masuk ke dalam era digital, berjalan ketupat ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Sebab pastinya semua orang dari berbagai macam daerah akan menyajikan makanan tersebut untuk merayakan lebaran beserta dengan keluarga ataupun para tetangga.

10. Jualan Hampers

Jika memang punya model yang lebih, maka bisa juga memasukkan kue kering yang dijual menjadi hampers. Tapi jika tidak, maka bisa fokus saja pada bisnis hampers tersebut dengan melakukan kerjasama dengan penjual lain.

Karena dijamin bisa dapatkan harga jauh lebih murah jika melakukan kerjasama dengan para supplier kue kering. Karena seperti ini juga cukup dicari oleh orang-orang yang punya kolega dengan jumlah cukup banyak.

Lihat Juga :

Kesimpulan

Jika Anda punya niatan untuk berbisnis kecil-kecilan saat bulan Ramadhan, maka pilihan di atas dapat digunakan sebagai alternatif. Atau Anda bisa coba semua list dan dijamin raih banyak keuntungannya.

Itulah sekilas informasi tentang 10 ide bisnis di bulan Ramadhan dengan modal yang kecil. Pastikan untuk memilih salah satu usaha terbaik dan juga cocok untuk dijalankan.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Writer, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil"