Rahasia Menulis Artikel Ala Blog Mastimon "Timon Adiyoso"

Rahasia Menulis Artikel Ala Blog Mastimon "Timon Adiyoso"

Denpono.com - Menjadi blogger merupakan sebuah pekerjaan yang berat bagi saya dan mungkin akan berbeda dengan seorang blogger karena didasari dari kecintaan akan menulis atau membaca. Saya pribadi mengenal platform Blogger bisa dikatakan sudah lama, namun baru 6 bulan terakhir baru benar-benar fokus dan aktif mengerjakan sebuah blog yaitu Denpono Blog.

Pada saat proses ngeblog bagi saya itu sama saja sedang belajar, nah agar proses belajar berjalan dengan baik dan goal bisa tercapai harus pintar dalam memilih guru atau panutan. Sosok yang saya jadikan guru yaitu Mas Timon Adiyoso alias Mastimon, saya mengenal beliau ketika beberapa kali menemukan postingan di grup Facebook yang memperlihatkan penghasilannya dari Blog. Setelah itu mulailah timbul rasa kepo atau ingin tau terhadap sosok Mastimon ini.

Berjalannya waktu saya mulai sedikit menyerap ilmu yang ada di Blog beliau. Setiap ada artikel baru selalu saya baca sampai tuntas dan terkadang mendapatkan wejangan dari status dari laman Facebooknya.

Saking seringnya membaca artikel Mastimon, tanpa sadar saya menemukan pola penulisan pada artikel Mastimon yang sangat unik dan sederhana. Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi informasi seputar rahasia dan gaya penulisan artikel pada blog Mastimon yang sangat terstruktur namun sangat mudah ditiru oleh blogger pemula sekalipun.

RAHASIA MENULIS ARTIKEL ALA BLOG MASTIMON

Jika mengamati gaya tulisan artikel pada blog Mastimon secara seksama maka kita bisa melihat suatu pola penulisan yang sangat sederhana, yaitu :

  1. Judul artikel
  2. Pendahuluan atau latar belakang
  3. Isi atau pembahasan inti
  4. Penutup atau kesimpulan

Baca Juga :

JUDUL ARTIKEL

Judul merupakan bagian penting dalam sebuah artikel. Pada artikel yang dibuat oleh mastimon selalu menggunakan bahasa yang sederhana atau bahasa percakapan sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh pembacanya.

PENDAHULUAN ATAU LATAR BELAKANG

Pada bagian ini berisi pendahuluan atau latar belakang kenapa menulis artikel. Jadi sebelum masuk ke isi dan pembahasan inti di dalam artikel yang dibuat Mastimon selalu diawali dengan pendahUluan baik itu seperti pengertian sesuatu, atau membahas hal lain yang ada kaitannya dengan isi artikel. Namun perlu diketahui juga bahwa penulisan pendahuluan atau latar belakang dalam suatu artikel jangan terlalu bertele-tele, cukup 2 atau 3 paragraf saja.

ISI ATAU PEMBAHASAN INTI

Setelah kita berhasil membuat pendahuluan maka selanjutnya masuk ke pembahasan inti, untuk memulai bisa diawali dengan menulis kembali judul artikel dan diikuti isi artikel. Contohnya seperti pada artikel ini, saya mengawali isi artikel dengan "Rahasia Menulis Artikel Ala Blog Mastimon". Ketikan menulis isi artikel hendaknya dibuat poin per poin yang kemudian setiap poin diberikan ulasan atau penjelasan dengan menggunakan gaya bahasa masing-masing.

PENUTUP ATAU KESIMPULAN

Bagian penutup merupakan bagian paling akhir dalam sebuah artikel. Ketika kita sudah selesai menulis isi artikel selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat penutup berupa pernyataan atau kesimpulan atas apa yang sudah ditulis pada bagian isi. Bagian ini cukup hanya satu paragraf dan itu juga dilakukan pada blog Mastimon.

Baca Juga :

Itulah Rahasia Menulis Artikel Ala Blog Mastimon "Timon Adiyoso". Banyak sekali ilmu yang bisa kita petik secara gratis dari blog beliau tanpa harus tanya ini itu. Walaupun perlu untuk bertanya secara langsung tetapi kalau kita bisa mengambil sendiri ilmunya kenapa harus merepotkan diri untuk bertanya berulang-ulang kepada beliau. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk kalian dan menambah semangat dalam menulis artikel blog.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel